Berkas Sertifikasi Hilang Terselip Maka Pembayaran Tunjungan Guru Di Yogyakarta Tertunda

Hal ini dilakukan menyusul informasi berkas sertifikasi asli 719 guru tersebut hilang dari Kantor Pusat Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Jakarta.

“Menurut informasi yang saya terima, seluruh berkas hilang ketika kantor mereka pindah,” kata Kepala Seksi Pengembangan Sumber Daya Pendidikan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Marsudi ketika ditemui di kantornya, Yogyakarta, Rabu.

Marsudi menuturkan, berkas yang terdiri atas tiga kardus itu tiba di Jakarta Sabtu (30/8). Surat keputusan (SK) hasil sertifikasi untuk guru Kota Yogyakarta kuota 2007 dijanjikan selesai dua pekan setelahnya.

Setelah penyusunan ulang yang memakan waktu sekitar dua pekan, berkas sertifikasi yang hilang itu diantar langsung ke Kantor Pusat Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Ditjen PMPTK) di Jakarta dengan mobil dinas.

Marsudi mengungkapkan, hilangnya berkas sertifikasi itu adalah alasan tertundanya proses sertifikasi kuota tahun 2007 untuk wilayah Kota Yogyakarta. Hingga saat ini belum satu pun guru di Kota Yogyakarta yang lolos sertifikasi kuota 2007 menerima tunjangan sertifikasi.

Padahal, sejak 19 Agustus, tunjangan sertifikasi tersebut sudah bisa diambil oleh guru yang lolos sertifikasi kuota 2007 di empat kabupaten di DIY lainnya, yaitu Sleman, Gunung Kidul, Kulon Progo, dan Bantul.

Kepala Bidang Bina Program Dinas Pendidikan DIY Baskara Aji mengemukakan, tunjangan belum bisa mengucur karena SK pengucuran tunjangan sertifikasi untuk Kota Yogyakarta belum terbit. “Tanpa SK, kami tidak berani mengucurkan tunjangan,” ujarnya.

Resah

Keterlambatan ini telah menimbulkan keresahan di kalangan para guru yang lolos sertifikasi 2007. Salah satunya adalah Maruli Taufiq yang telah menerima pengumuman lolos sertifikasi pada Desember 2007. Selain itu, Maruli telah menerima sertifikat profesi pada pertengahan Agustus.

“Sudah dua kali terima pengumuman, kok, belum ada tanda-tanda tunjangan akan turun, padahal itulah yang kami harapkan-harapkan,” tuturnya

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s