Pemerintah Perlu Mendorong Pertumbuhan Iklim Investasi


Perbaikan iklim investasi serta pertumbuhan penanaman modal asing dan penanaman modal dalam negeri di Indonesia makin menggembirakan.

Namun, pemerintah mengidentifikasi empat langkah yang mesti dilakukan untuk mendorong investasi lebih tinggi. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengemukakan hal itu sebelum mengikuti sidang kabinet paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (29/7).

Menurut Hatta, untuk mendorong pertumbuhan investasi di sektor riil, pemerintah harus menggandeng semua pihak agar segera menyelesaikan rancangan UU mengenai pengadaan lahan untuk kepentingan publik.

Pemerintah menargetkan mengajukan rancangan UU itu kepada DPR selambat-lambatnya September. Pemerintah juga meminta DPR memprioritaskan pembahasan aturan pengadaan lahan untuk kepentingan publik.

Institusi satu atap

Pemerintah juga akan sesegera mungkin menyiapkan Badan Koordinasi Penanaman Modal sebagai institusi ”satu atap” untuk mengeksekusi semua aturan perizinan.

”Jadi, jangan lagi kalau kemitraan publik dan privat sudah kita berikan front office-nya kepada BKPM, orang melihat bukunya, ’Oh kalau mau investasi ini, saya harus pergi ke Kementerian Pekerjaan Umum (PU), dari PU nanti harus ke daerah lagi’, tidak demikian,” ujar Hatta mencontohkan.

Sebagai langkah berikutnya, pemerintah juga berkomitmen menekan praktik ekonomi biaya tinggi, baik yang berkaitan dengan pungutan yang tidak sepantasnya maupun beban biaya transportasi yang tinggi.

Selain itu, ujar Hatta, pemerintah bertekad mengharmonisasikan pusat-daerah dengan membangun kawasan-kawasan pertumbuhan baru.

”Yang sudah ditetapkan pemerintah sampai tahun 2012, ada empat kawasan ekonomi khusus kita bangun,” ujar Hatta.

Ia mencontohkan, di pantai utara Jawa, untuk mendukung tumbuhnya kawasan ini, akan dibangun pelabuhan baru. Di Dumai dan Riau sudah terbangun kawasan pertumbuhan berbasis minyak kelapa sawit.

Kawasan ekonomi khusus juga dibangun di Kalimantan. ”Kawasan ekonomi khusus lainnya berbasis pangan, yang akan kita selesaikan masalah tata ruangnya di Merauke,” ujar Hatta

About these ads

One response to “Pemerintah Perlu Mendorong Pertumbuhan Iklim Investasi

  1. semoga bikin cepat kaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s