Sistem Pembuatan Kartu Keluarga Online Diresmikan Di Jakarta

Setelah pengerjaan akta kelahiran dan kartu tanda penduduk secara online, kini kartu keluarga juga berlangsung secara online nasional. Melalui sistem ini, diharapkan pencatatan administrasi kependudukan secara nasional dapat segera selesai.

Peluncuran perdana KK online itu berlangsung di Kantor RW 05 Kampung Bahari, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (9/10).

Menurut Frangki Mangatas Panjaitan, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta, sistem online nasional akan memberikan layanan prima bagi semua warga.

”Data penduduk yang akurat akan menjadi dasar penghitungan pembangunan DKI Jakarta ke depan,” kata Frangki yang didampingi Edison Sianturi, Kepala Suku Dinas Dukcapil Jakut.

KK nasional dengan sistem komputerisasi itu berbeda dengan KK model lama. KK model lama memungkinkan nama siapa saja bisa dicantumkan di dalamnya untuk mendapatkan KTP.

”Dalam KK nasional yang dicantumkan hanya nama kepala keluarga, istri, dan anak-anaknya. Keponakan atau kerabat yang lain tidak bisa dicantumkan lagi. Nama yang bisa dicantumkan di KK nasional adalah yang mempunyai nomor induk kependudukan nasional,” kata Frangki.

Bersamaan dengan akta kelahiran dan KTP, layanan KK nasional juga ada pelayanan dengan KTP mobile yang datang langsung ke masyarakat. Jadi, pelayanan pembuatan KK nasional dapat berlangsung dalam waktu beberapa menit saja.

Dalam layanan di Kampung Bahari itu sedikitnya ada 81 permohonan KTP, 27 e-akta, dan 25 KK yang tercetak.

Ade Himawan, Lurah Tanjung Priok, menjelaskan layanan KTP, akta, dan KK mobile yang diadakan di RW 5 Tanjung Priok sangat tepat sasaran. Alasannya, wilayah RW 5 adalah kawasan padat penduduk dan sangat jauh dari kantor kelurahan.

Pelayanan KTP mobile di Jakarta Selatan pada Jumat (8/10) difokuskan di RW 06, Kelurahan Cipete Selatan, yang memiliki 12 RT dengan penduduk sekitar 2.500 jiwa.

Warga setempat gembira karena tidak perlu lagi datang ke kantor kelurahan, tanpa dipungut biaya, dan dalam waktu lima menit KTP diterima. Untuk pengurusan akta kelahiran, warga membawa pengantar dari RT/RW serta melampirkan buku nikah

About these ads

4 responses to “Sistem Pembuatan Kartu Keluarga Online Diresmikan Di Jakarta

  1. Apakah KK lama wajib di ganti menjadi KK baru..kalau iya Mohon dapat di informasikan,untuk di ketahui alamat KK kami ada di Teluk gong Jakarta Utara.

  2. Tetap aja mau online apa gk, sampai kelurahan Mangga Dua Selatan diminta bayaran 5o ribu.
    Padahal cuma perpanjang KTP ganti Agama dan buat KK baru.
    Apa bedanya sama SIM??? harus 2 hari lagi balik ambil

  3. Bagus nih ngurus KK bisa online, moga bisa ditularkan ke daerah lain.

  4. Sayangnya di kota Malang gak ada. Suami saya sampai harus bolak-balik 3kali ke kantor Dukcapil yang nun jauh di sana, rumah di Singosari ngurusnya di Kepanjen. Kaya pengangguran aja bolak-balik begitu. Benar-benar merugikan waktu, uang dan tenaga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s