Daftar Wilayah Daerah Rawan Kriminalitas Di Jakarta Depok dan Bekasi


Jakarta dan kota penyangganya punya puluhan titik rawan kejahatan. Kondisi titik tersebut umumnya sepi dan gelap karena kurang penerangan jalan serta berada di perbatasan wilayah sehingga banyak akses untuk melarikan diri. Kawasan yang sedang berkembang dengan banyak perumahan juga jadi sasaran empuk para penjahat.

Titik rawan kejahatan di perbatasan wilayah, misalnya di Kota dan Kabupaten Tangerang yang berbatasan dengan Jakarta dan Depok, merupakan wilayah rawan pencurian sepeda motor. Penjahat dengan mudah mencari jalan keluar dari wilayah tersebut.

Selain itu, wilayah sedang berkembang dengan pertumbuhan perumahan sangat banyak, daerah urban yang terdapat kawasan permukiman maju dan pedesaan, serta kawasan pabrik juga menjadi lokasi rawan kejahatan di Kabupaten Tangerang.

Kepala Kepolisian Resor Metro Tangerang Komisaris Besar Tavip Yulianto mengatakan, empat lokasi rawan pencurian motor adalah Ciledug yang berbatasan dengan Tangerang Selatan dan DKI Jakarta, Cipondoh (berbatasan dengan Jakarta), Jati Uwung, dan Karawaci.

Sementara Kepala Polres Tangerang Kabupaten Komisaris Besar Wahyu Widada mengatakan, lima wilayah rawan pencurian motor adalah Serpong, Kelapa Dua, Pasar Kemis, dan Pondok Aren, serta Teluk Naga.

”Sejak Januari-Desember 2010 sebanyak 1.793 kasus pencurian kendaraan bermotor kami tangani,” kata Wahyu.

Situasi hampir sama ada di Kota Depok, Jawa Barat. Kecamatan Beji dan Cimanggis menjadi daerah paling rawan di antara 11 kecamatan di sana.

Angka kejahatan, terutama pencurian kendaraan bermotor, pencurian dengan pemberatan, dan perampokan paling banyak terjadi di dua kecamatan ini.

”Tiap kali analisis dan evaluasi kasus kejahatan per bulan, angka tertinggi selalu di Cimanggis dan Beji, terutama kasus pencurian kendaraan bermotor,” kata Kepala Unit Reserse Kriminal Polres Depok Kriminal Ajun Komisaris Narta, Rabu (12/1).

Wilayah hukum Cimanggis memiliki syarat menjadi tempat bertingkat kejahatan tinggi. Salah satu faktor penting adalah letaknya yang berbatasan dengan Bekasi, Jakarta Timur, dan Bogor.

Akses jalan melarikan diri dari Depok ke Cimanggis sangat terbuka. Penjahat bisa langsung lari ke luar Depok dari arah timur. Narta mengaku, hal ini membuat polisi sering kesulitan mengejar penjahat.

Kecamatan Beji yang berada di bagian utara Depok dan berbatasan dengan Jakarta Selatan juga daerah rawan kejahatan. Hampir setiap hari di Beji ada laporan pencurian. Pengamatan Kompas, wilayah itu merupakan sentra rumah kos mahasiswa karena letaknya berdekatan dengan kampus Universitas Indonesia dan Universitas Gunadharma.

Sasaran pencurian umumnya rumah kos dan kontrakan. Ini diakui Kepala Polsek Metro Beji Komisaris Ngadi. Menurut dia, ikatan sosial antarwarga di tempat ini sangat rendah. Hal ini membuat mereka cenderung memikirkan urusan sendiri-sendiri.

TB Simatupang rawan

Di dalam kota Jakarta, kawasan di bawah jalan tol TB Simatupang, Jakarta Selatan, sampai Jakarta Timur juga rawan kejahatan. Daerah itu memiliki banyak akses jalan sehingga penjahat dengan mudah memilih jalan melarikan diri seusai beraksi.

Saat berkeliling kawasan Cilandak dan Pasar Minggu di Jakarta Selatan, kondisi dua wilayah ini cukup aman. Cilandak dan Pasar Minggu adalah dua kawasan cukup rawan kejahatan jalanan, seperti copet hingga pencurian kendaraan bermotor.

Di Jakarta Pusat, kerawanan perempatan ITC Cempaka Mas sudah mulai berkurang. Kanit Reskrim Polsek Cempaka Putih Ajun Komisaris Gozali Luhulima mengatakan, kerawanan di sana dikurangi dengan patroli mobil polisi. ”Dengan begitu, kerawanan berkurang. Patroli juga dilakukan dari Rawasari,” ucap Gozali.

Di lapangan, lahan bekas pabrik Coca-cola kini ditumbuhi semak rimbun. Penerangan juga terbatas hanya dari lampu penerangan di jalan layang.

Di Jakarta Barat, daerah rawan kejahatan jalanan dan pencurian kendaraan bermotor ada di Cengkareng dan Tanjung Duren. Di Cengkareng banyak daerah sepi dan gelap karena kurang penerangan. Salah satunya, Jalan Peternakan Raya, Kelurahan Kapuk, yang merupakan kawasan pergudangan.

Salah satu kejahatan di ruas jalan menimpa seorang karyawati yang baru pulang bekerja di malam hari. Di jalan yang sepi itu dia dipepet dua orang yang menodongkan pisau dan memaksanya menyerahkan sepeda motor. Tak hanya motor dan STNK, uang Rp 100.000 milik korban juga dirampas.

Kapolsek Metro Cengkareng Komisaris Ruslan mengakui, daerah itu gelap dan sepi saat malam sehingga mengundang terjadinya kriminalitas. Pencurian mobil, sepeda motor, dan spion mobil marak terjadi di Tanjung Duren, terutama di permukiman karena sepi.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s