Siang Hari Pulau Samosir Di Danau Toba Diguncang Gempa Besar Skala 3,5 Ritcher


Pulau Samosir, yang berada di tengah-tengah Danau Toba, Sumatera Utara, diguncang gempa berkekuatan 3,5 Skala Richter (SR), Jumat (22/7) pukul 11.14 Wib. Gempa tersebut menimbulkan kepanikan warga, namun belum ada laporan korban dan kerusakan bangunan akibat kejadian tersebut.

Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Hendra Suwarta mengatakan, gempa berpusat di 15 kilometer Barat Daya Pangururan, ibu kota Kabupaten Samosir atau sekitar 184 km arah Selatan Kota Medan. Kedalaman gempa 10 km berada pada 2,5 Lintang Utara (LU) dan 98,6 Bujur Timur (BT). “Karena pusat gempa tidak dalam, sehingga gempa sangat dirasakan warga. Warga banyak yang kaget,” kata Hendra.

Kota Gunung Sitoli, Tarutung, Samosir, dan Danau Toba, Sumatera Utara, Kamis pagi pukul 07.36 WIB hingga 18.20 WIB terjadi gempa berkekuatan 3,4 hingga 3,9 Skala Richter (SR), namun tidak ada laporan kerusakan.
Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa Badan Metereologi Geofisika (BMG) Wilayah I Sumut, Heron Tarigan melaui stafnya Lewi ketika dikonfirmasi wartawan Antara di Medan, membenarkan terjadinya gempa di Gunung Sitoli, Tarutung, Samosir, dan Danau Toba.

Menurut Lewi, gempa di Gunung Sitoli terjadi pada pukul 07.3 WIB berkekuatan 3,9 SR, dan pusat gempa sekitar 0,99 Lintang Utara (LU), dan 97,56 Bujur Timur (BT) dengan kedalam mencapai 35 kilometer. Gempa tersebut sekitar 32 kilometer Barat Daya (BD) Gunung Sitoli. Sedangkan gempa di Tarutung pukul 09.01 WIB berkekuatan 3,6 SR, dan pusat gempa sekitar 1,1 LU, dan 99,01 BT, dengan kedalaman mencapai 21,3 kilometer.

Gempa tersebut barada di darat sekitar 13 kilometer Tenggara Tarutung. Selain itu, katanya, gempa di Samosir pukul 10.43 WIB berkekuatan 3,4 SR, dan pusat gempa 2,47 LU, dan 98,90 BT, dengan kedalaman 144 kilometer. Gempa tersebut berada sekitar 4 kilometer Timur Laut Samosir.

Gempa yang terjadi di Danau Toba, pukul 18.20 WIB berkekuatan 2,5 SR, dan pusat gempa sekitar 2,92 LU, dan 98,63 BT, dengan kedalaman mencapai 97 kilometer. “Gempa tersebut berada di kawasan Danau Toba, Kabupaten Samosir,” ujarnya

Gempa berkekuatan 3,5 skala Ritchter, Jumat (22/7) sekitar pukul 11.14, menguncang Pulau Samosir, Sumatera Utara, dan menimbulkan kepanikan warga. Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Hendra Suwarta mengatakan, gempa berpusat di 15 kilometer barat daya Pangururan, ibu kota Kabupaten Samosir di 2,5 LU dan 98,6 BT, kedalaman 10 km. “Karena pusat gempa tidak dalam, gempa sangat dirasakan warga. Warga banyak yang kaget,” tutur Hendra. Belum ada laporan kerusakan dan korban atas kejadian itu.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s