Anas Urbaningrum Bangun Rumah Mewah Senilai 9 Milyar Di Jalan Teluk Langsa Duren Sawit


Serangan yang dilancarkan M. Nazaruddin terhadap Anas Urbaningrum memang bagaikan badai. Tak hanya menuding Anas terlibat dalam kasus Wisma Atlet SEA Games dan proyek Hambalang saja, mantan Bendahara Umum Partai Demokrat ini juga mengungkit-ungkit harta kekayaan Anas seperti rumah dan mobil-mobil mewah.

Benarkan tudingan Nazaruddin itu? Tentu perlu pembuktian lebih lanjut. Namun, dalam penelusuran Pos Kota, Anas Urbaningrum saat ini disebut-sebut memang sedang membangun rumah tinggal yang cukup besar di Jl. Teluk Langsa, Blok C9 N0. 1 Kompleks TNI Angkatan Laut, Duren Sawit, Jakarta Timur. Pembangunan konon memakan biaya hingga Rp9 miliar. Rumah ini tergolong sangat mewah karena dilengkapi kolam renang, ruang pertemuan (meeting room) dan balkon.

Diperkirakan luas lahannya mencapai seribu meter persegi. Meski belum rampung dibangun, rumah yang berada di RT 006 RW 17 ini, tampak lebih mencolok dan mentereng dibanding rumah-rumah di sekitarnya. Dari pantauan Pos Kota, di dalam proyek tersebut ada bangunan besar bergaya Joglo dan satu bangunan lainnya berlantai dua. Sejumlah pekerja bangunan juga masih sibuk bekerja. Di antaranya ada yang merapikan tembok dan ada pula yang memasang atap. Pada bagian pagar, rumah yang terdiri dari dua kavling ini masih dilapisi seng berwarna hijau muda setinggi 2-3 meter sepanjang 500 meter persegi.

Rumah tersebut dibangun berhadap-hadapan dengan rumah kediaman Anas yang lama di Jl. Teluk Semangka atau hanya dipisahkan jalan kompleks. Warga mengetahui Anas sudah cukup lama tinggal di rumahnya yang juga cukup luas tersebut. Diduga, Anas membangunnya untuk mengumpulkan kader-kader Demokrat. Sebab, tak jarang, jalanan sekitar menjadi macet karena banyak kendaraan parkir, ketika para kader berkunjung ke rumah kediaman Anas.

“Kalau dipisah-pisah, bangunan itu bisa dibagi menjadi tiga rumah. Pembangunannya sudah lebih dari dua bulan,” ujar seorang warga sekitar yang ditemui, Sabtu (23/7).

60 PEKERJA
Menurut dia, rumah yang sedang dibangun ini sebelumnya milik warga, yang akhirnya dibeli oleh Anas. “Kayaknya itu dua rumah yang digabung dan direnovasi menjadi satu,” ujarnya. Salah seorang pekerja kepada Pos Kota, menuturkan, proses pembangunan sudah berlangsung sejak dua bulan yang lalu. Secara fisik, bangunan tersebut tampak cepat dikerjakan, lantaran ada 60-an pekerja yang dipekerjakan. Pada bagian dalam rumah, di antaranya terdapat kolam renang, ruang meeting, dan balkon.

“Saya tidak tahu bangunan ini punya siapa, tapi yang jelas, rumah ini bakal menjadi rumah yang besar. Pada bagian utama bangunan ada kolam renang, ruang meeting, dan juga balkon. Tadinya ini merupakan dua rumah yang direnovasi, dan satu tanah kosong yang dibangun menjadi rumah,” kata pekerja yang mengaku mendapat honor sebesar Rp55 ribu perhari itu.
Kepala Seksi Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) Kecamatan Duren Sawit, Sugeng Widodo, membenarkan bangunan yang ada di Jl. Teluk Langsa itu milik Anas Urbaningrum.

Namun ia tidak dapat memberikan kepastian berapa luas tanah dan berapa biaya pembangunan rumah tinggal tersebut. “Bukan membangun, tapi merenovasi. Sebelumnya itu adalah rumah warga yang sudah dibeli Pak Anas. Bangunannya juga enggak terlalu luas, cuma sekitar 200-300 meter persegi,” katanya. Menurut warga setempat, harga NJOP (Nilai Jual Obyek Pajak) di kompleks itu Rp 2,1 juta. Tetapi, kalau dijual sesuai harga pasaran, bisa mencapai Rp 4 jutaan. Proyek bangunan rumah Anas ini disebut-sebut menelan biaya Rp9 miliar.

TAK MASUK AKAL
Politisi Demokrat I Gede Pasek Suardika yang dikenal dekat dengan Anas, merasa heran ada isu yang menyatakan Anas membeli tanah seluas itu. Namun, dia sendiri mengaku tidak tahu perihal itu, dan juga berita-berita tentang rumah baru Anas yang sedang di bangun yang konon berbiaya Rp 9 miliar. “Lho, soal itu tanyakan langsung ke Pak Anas saja, yang tahu kan beliau,” katanya.

Akan tetapi, lanjutnya, secara logika tidak masuk di akal kalau beli tanah di Jakarta sampai satu hektar, terlebih di kawasan yang sudah padat penduduk. “Susah logikanya. Tapi, saya mohon jangan perlakukan Pak Anas seperti pejabat negara. Beliau bukan pejabat negara. Jangan diutak-atik seperti pejabat yang digaji negara,” katanya.
Kalau Nazaruddin menuding Anas mempunyai banyak mobil mewah, rumah bagus, seharusnya dia sendiri yang harus membuktikan. “Nazaruddin sendiri yang harus membuktikan, jangan omong terus. Dia itu bicaranya kan sudah mencla-mecle,” katanya.

Menurutnya, masyarakat mulai paham, Nazaruddin selalu tidak konsisten. Dia dulu bilang kenal sama Mindo Rosalina, lantas mengaku tidak kenal. Dalam wawancara menyatakan Edhie Baskoro mendapat aliran dana, tapi kemudian diralat sendiri. “Dia itu sulit dipercaya, pernyataannya tidak ada yang bisa dipegang,” ujarnya.

TANGGAPI DINGIN
Sebelumnya, M Nazaruddin kembali menyerang Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dan menyebut kekayaan Anas berupa rumah, mobil dan uang miliaran rupiah berasal dari proyek Wisma Atlet di Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan, dan Hambalang.

“Ini sekadar bahan renungan saja, kalau saya dikatakan memfitnah Anas, darimana Anas bisa memiliki beberapa rumah dengan harga puluhan miliar rupiah? Darimana Anas bisa memiliki mobil-mobil mewah seharga miliaran rupiah satu mobilnya?” demikian pesan di BlackBerry Messenger yang diduga berasal dari HP milik Nazaruddin.

Anas, menanggapi serangan itu dengan dingin. Ia meminta Nazaruddin segera pulang ke Indonesia dan menyerahkan bukti-bukti tuduhannya kepada aparat penegak hukum. Rumah besar yang sedang dibangun di Jl. Teluk Langsa, Blok C9 N0. 1 Kompleks TNI Angkatan Laut, Duren Sawit, Jakarta Timur ini, disebut-sebut milik Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum.

KPK tengah melacak aset milik Anas Urbaningrum. Mantan Ketum Partai Demokrat ini memiliki tanah di sejumlah wilayah.

Merujuk pada LHKPN Anas pada 2007, yang diakses Senin (13/1/2014), tanah yang dimiliki Anas tersebar di berbagai wilayah. Terdiri dari tanah seluas 275 meter persegi di Jakarta Timur, tanah 1.550 meter persegi di Depok, tanah seluas 539 dan 237 meter persegi di Jakarta Timur, tanah seluas 11.412 meter persegi di Kabupaten Karawang, tanah 1.620 meter persegi di Kabupaten Karawang dan tanah seluas 210 meter persegi di Kota Bekasi.

LHKPN Anas yang terakhir memang dilakukan pada 2007 silam atau setidaknya baru pelaporan itu yang sudah diverifikasi dan menjadi lembar berita negara. Tahun 2007 silam, Anas Urbaningrum memiliki kekayaan sebesar Rp 2,23 miliar ditambah mata uang asing 2.300 USD.

Tersangka penerimaan gratifikasi kasus Hambalang dan proyek-proyek lain itu tercatat pernah melaporkan harta kekayaannya sebanyak dua kali. Yang pertama pada 10 Mei 2005 dan 28 Desember 2007. Saat itu Anas adalah mantan anggota Komisi Pemilihan Umum.

Ada kenaikan kekayaan yang dimiliki Anas. Tahun 2005, total kekayaan Anas adalah Rp 1,17 miliar. Sedangkan tahun 2007 sebesar Rp 2,23 miliar.

Angka Rp 2,23 miliar itu terdiri dari beberapa item. Yang pertama dari sisi tanah. Total nilai tanah yang dimiliki Ketua Umum Partai Demokrat ini adalah Rp 965 juta.

Untuk kendaraan, Anas memiliki 4 buah alat transportasi yang jika dijumlah mencapai Rp 383 juta. Terdiri dari mobil Kia Carens tahun 2000, motor Honda 2002, Nissan Serena tahun 2004 dan mobil Toyota Kijang tahun 2007.

Harta Bergerak lainnya yang dimiliki Anas sebesar Rp 92,8 juta. Sedangkan untuk Giro dan setara kas Rp 795,5 juta

About these ads

12 responses to “Anas Urbaningrum Bangun Rumah Mewah Senilai 9 Milyar Di Jalan Teluk Langsa Duren Sawit

  1. hermina sujono hadi

    agar tidak ada fitnah…verifikasi ke kpk…karena tahun-tahun sebelumnya adalah anggota legislatif…

  2. KPK mohon dicek, verifikasi laporan masyarakat ini, agar kebenaran segera terkuak. Jangan dianggap angin lalu, karena Pak Anas adalah Public Figure. Tksh.

  3. bagi bagi dong pak

  4. Ayo ngaku aja, dimana sifat laki-lakimu, dimana watak calon pemimpin bangsa yg asli, dimana karakter itu, dimana, dimana???

  5. Bukan kemakan omongan nazaruddin, ttp main logika aja, main akal sehat saja, darimana dia dapat duit sebanyak itu, sampai dibungkus dus rokok lalu dibawa mobil box? Lah mana bagian kata-kata nazar yang bohong??

  6. Jangan Nazaruddin disuruh membuktikan, Anas saja yang menjelaskan berapa penghasilan dia selama ini, dan bagaimana dia bisa sekaya itu padahal orang belum mengenal Anas sebagai pengusaha yang sukses….

  7. Tak Lama ALLAH swt Lah, Yang Akan MEMBUKTIKANNYA!!!

  8. Jangan Lupa! MONAS Menunggumu!!!

  9. Abraham samad ki piye toh lah kemaki men(kok super sekali) ngancam ngancam orang maksa maksa Anas jangan gitu lah,mana uang sitaan dari koruptor ya tidak mensejahterakan rakyat gitu kok a9uang sitaan yg disetor ke kas negara elpiji yon naiok gitu kok isih penak jamanku toh kata Pak Harto

  10. what can I say, Justice will be prove it than we can just wait.

  11. semua tuduhan yg dilontarkan bung nazar ternyata bener semua…..

  12. super koruptor se gede anas ini kog herannya masih banyak pengikut2 goblognya yang menaruh harapan kepadanya…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s