Daftar Tambahan 19 Daerah Di Jakarta Yang Terkena Banjir Pada Bulan April 2012

Kepala Bidang Pemeliharaan Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Tarjuki mengatakan ada 62 kawasan berpotensi banjir di Jakarta. Kawasan-kawasan tersebut berpotensi karena tanggul yang ada rawan bocor.

Di Jakarta Pusat, ada 9 lokasi. Tarjuki memberi contoh dua lokasi dengan pemukim yang besar, yaitu Jati Pinggir dan Cempaka Putih. Di Jakarta Utara, ada 19 lokasi. Ia mencontohkan Pademangan Barat dan Pademangan Timur.

Di Jakarta Barat, ada 17 lokasi, di antaranya Green Garden dan Sukabumi Utara. Di Jakarta Timur, ada lima lokasi. Dua di antaranya adalah Bidara Cina dan Kampung Melayu.

Sedangkan di Jakarta Selatan ada 12 lokasi, misalnya Pondok Labu dan Petogogan. Menurut Tarjuki, daerah Jakarta Selatan sangat rawan karena tanggul di Sungai Pesanggrahan adalah tanggul lama sehingga rawan jebol atau merembes.

Untuk meminimalisir dampak banjir, pihaknya akan segera menambal tanggul-tanggul yang rawan jebol. Selain itu, akan ada juga kerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum untuk membangun sheet pile (perkuatan tebing sungai) di Sungai Pesanggrahan, Angke, dan Sunter. Proyek ini akan menelan dana Rp 1,7 triliun.

Tarjuki mengatakan, jika curah hujan masih tetap tinggi, dampak banjir masih akan terus dirasakan masyarakat di hari-hari berikutnya. Titik yang rawan terutam di Pesanggarahan. Pasalnya, tanggul-tanggul yang ada di situ adalah tanggul lama.

Setiap tahun, Tarjuki menjelaskan, biasanya Jakarta mengalami curah hujan sampai 2.000 milimeter. Ia menghitung bahwa tahun lalu curah hujan belum sampai ke angka itu. Sehingga, kemungkinan curah hujan sisanya akan datang hari-hari ke depan.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s