Daftar Gaji PNS

Heboh pegawai negeri sipil muda dengan rekening jumbo kembali mencuat. Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan ada pegawai negeri muda yang memiliki rekening miliaran rupiah, jauh dari gaji dan pendapatan resminya. Bahkan untuk pegawai negeri sipil yang sudah tuapun sangat sulit untuk memiliki rumah dan sepeda motor.

Pegawai negeri dengan rekening miliaran rupiah tentu saja mengundang tanda tanya. Sebenarnya mudah saja menerka isi kantong pegawai negeri. Apalagi kalau pegawai tersebut tak memiliki usaha sampingan, menelusuri usaha sampinganpun mudah karena dapat diketahui dari Surat Ketetapan Pajaknya yang apabila tidak punya maka bisa dipastikan usaha sampingannya hanya kedok untuk cuci uang. Penggajian PNS memang memiliki pola baku yang diatur melalui Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2011.

Berapa sebenarnya penghasilan pegawai negeri ini? Seperti Gayus, rata-rata PNS “nakal” ini termasuk golongan III, pegawai negeri lulusan sarjana. Nah, pegawai golongan IIIA dengan pangkat Penata Muda bergaji pokok Rp 1.902.300 (Hanya berbeda sekitar Rp. 400.000,- dengan buruh pabrik UMR di Jakarta). Pegawai dengan pangkat dan golongan sama, tapi memiliki jam terbang paling tinggi, 32-33 tahun, gaji pokoknya Rp 2.361.400.

Pegawai negeri mendapat tambahan melalui tunjangan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 7/1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil. Dalam aturan tersebut, pegawai negeri mendapat tunjangan keluarga dan jabatan. Selain itu, PNS mendapatkan tunjangan pangan dan tunjangan-tunjangan lain.

Soal besaran tunjangan, terdapat dalam Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2007 tentang Tunjangan Jabatan Struktural. Tunjangan jabatan di pangkat dan golongan IIIA adalah Rp 1.260.000. Sedangkan tunjangan istri atau suami adalah 5 persen dari gaji pokok serta tunjangan anak 2 persen.

Dengan asumsi pegawai IIIA masa kerjanya paling lama, mendapat tunjangan suami atau istri serta memiliki tiga anak, penerimaan pegawai itu sekitar Rp 4 juta. Total pendapatan sekitar Rp 4 juta sebulan, belum dipotong macam-macam, bagaimana pegawai negeri bisa memiliki rekening miliaran rupiah? Sampai matipun mustahil bisa mengumpulkan uang dengan jumlah milyaran.

Berikut daftar gaji pokok PNS berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11/2011.

GOLONGAN I
IA Masa Kerja 0-1 tahun Rp 1.175.000
IA Masa Kerja 25-27 tahun Rp 1.675.200

IB Masa Kerja 0-3 tahun Rp 1.276.000
IB Masa Kerja 26-27 tahun Rp 1.770.200

IC Masa Kerja 0-3 tahun Rp 1.330.000
IC Masa Kerja 26-27 tahun Rp 1.845.100

ID Masa Kerja 0-3 tahun Rp 1.386.300
ID Masa Kerja 26-27 tahun Rp 1.923.200

GOLONGAN II
IIA Masa Kerja 0-1 tahun Rp 1.505.400
IIA Masa Kerja 32-33 tahun Rp 2.361.400

IIB Masa Kerja 0-3 tahun Rp 1.634.800
IIB Masa Kerja 32-33 tahun Rp 2.461.300

IIC Masa Kerja 0-3 tahun Rp 1.703.900
IIC Masa Kerja 32-33 tahun Rp 2.565.400

IID Masa Kerja 0-3 tahun Rp 1.776.000
IID Masa Kerja 32-33 tahun Rp 2.674.000

GOLONGAN III
IIIA Masa Kerja <1 tahun Rp 1.902.300
IIIA Masa Kerja 31-32 tahun Rp 2.943.400

IIIB Masa Kerja <1 tahun Rp 1.982.800
IIIB Masa Kerja 31-32 tahun Rp 3.067.900

IIIC Masa Kerja <1 tahun Rp 2.066.600
IIIC Masa Kerja 31-32 tahun Rp 3.197.600

IIID Masa Kerja <1 tahun Rp 2.154.100
IIID Masa Kerja 31-32 tahun Rp 3.332.900

GOLONGAN IV
IVA Masa Kerja <1 tahun Rp 2.245.200
IVA Masa Kerja 31-32 tahun Rp 3.473.900

IVB Masa Kerja <1 tahun Rp 2.340.200
IVB Masa Kerja 31-32 tahun Rp 3.620.800

IVC Masa Kerja <1 tahun Rp 2.439.100
IVC Masa Kerja 31-32 tahun Rp 3.774.000

IVD Masa Kerja <1 tahun Rp 2.542.300
IVD Masa Kerja 31-32 tahun Rp 3.933.600

IVE Masa Kerja <1 tahun Rp 2.649.900
IVE Masa Kerja 31-32 tahun Rp 4.100.000

13 responses to “Daftar Gaji PNS

  1. Pingback: Kisah Denok Taviperiana Pegawai Pajak Dengan Rekening Mencurigakan Senilai 5,5 Milyar Rupiah | Berita Informasi Seputar Indonesia Terkini

  2. Itulah pemerintah kita sudah tahu aturannya,mengapa baru sekarang dimunculkan sejak dulu begitu,coba lihat guru yang pangktnya ivc dengan masa kerja 30 thun hanya naik sepeda motor,sedangkan pns yang dikantor yang rata2 gol ii dan iii naik mobil pribadi,inikan kalau pemerintah tanggap sudah dapat diketahui bahwa oknum tersebut sudah terindikasi korupsi,tapi apa setali tiga uang pimpinannya juga yang menjadikan mereka seperti itu.jadi tidak usah teori tapi lakukan aksi nyata dalam pembernatasan rek tersebut.

  3. Kacau……gaji sekecil itu tapi berlagak lebih dari swasta yg gajinya lebih gede (pada umumnya lho)

  4. biar ditampilkan daftar gajinya PNS……..tp mata nya tetep buta.duit gitu loh…………

  5. Pingback: Dhana Widyatmika Pegawai Pajak Yang Memiliki Rekening Tabungan Diatas 60 Milyar Rupiah | Berita Informasi Seputar Indonesia Terkini

  6. Makanya setiap PNS dimintai daftar kekayaan dan rekening bank. siapa tau ada uang yg dititipkan di rek pns ybs.

  7. itulah realita yang ada….

    terlalu

  8. gimana atuh bisa gitu, bahkan aku jg yg ampir pensiun teu gaduh rmh-rmh acan, boro-boro tabungan sehari-hari biaya keluarga jg (rasa napasku senin-kamis). apalagi dah pensiun yg tinggal 2 th lg, ga punya bekal apa-apa. blm biaya pendidikan anak-anak yg msh pada keci 2 dan 4 th. hanya mensyukuri yg ada saja, dan menyerahkan kpd tg kuasa sambil berikhtiar.

  9. itulah negara kita slalu tertinggal dari negara lain,,,,kepemerintahan kita KACAW…..!!!!

  10. Mestinya DIBERLAKUKAN HUKUM PEMBUKTIAN TERBALIK. Yakin akan banyak PNS PEJABAT YANG TERJARING TERSANGKA KORUPTOR.

  11. jangan cuma PNS, POLISI juga di telusuri dari mana uang hasil dia peroleh, CONTOHNYA polisi pangkat sersan kok bisa punya avanza ? dari mana asal duitnya itu ? jangan2 jual brang haram ? tuhan yg tau

  12. heran…pikirannya ko pada picik gitu…kenapa ngga ada yang berpikir ko gaji mereka kecil bgt ya? lebih kecil dari pada buruh? sungguh miris negeri ini…belum lagi larangan tidak boleh punya usaha sampingan… dari 10 PNS paling 8-9 orang yg punya rekening “gendut” sisanya berada di bawah garis kemiskinan (alias hanya punya mobil dan rumah saja) dan kelayakan soalnya penghasilannya di bawah penghasilan pengemis (yang selalu ngemis kepengusaha untuk beli apartemen dan keluar negergi) …wooooow…. kalau ingin jadi kaya ya jangan jadi abdi negara (hamba rakyat) … dimana2 ya abdi itu lebih miskin dari tuannya yaitu rakyat …

  13. wah ternyata gaji PNS gk gede2 amat ya…
    tak jauh beda sama swasta… cuma klo PNS terjamin hidupnya (pake sabetan katanya sih..tauk dah halal to nggak)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s