Categories
Demokrasi Politik

E Voting Untuk Pemilu Yang Transparan


Penggunaan mesin pemilihan elektronik atau e-voting dalam pemilihan umum kepala daerah tak bisa menjamin asas kerahasiaan. Selain mahal, metode e-voting itu juga rawan manipulasi.

Demikian diungkapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) A Hafiz Anzhari dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPR, Kamis (29/4) di Jakarta. Mahkamah Konstitusi (MK) memang memperbolehkan penggunaan e-voting dalam pemilu kepala daerah (pilkada). Namun, metode e-voting belum bisa diterapkan karena belum ada peraturan yang menjadi pedoman pelaksanaannya.

Kekhawatiran

Selain itu, penggunaan e- voting dikhawatirkan menimbulkan dampak buruk dalam pilkada. ”Itu (e-voting) rawan kalau diterapkan. Rawan manipulasi, rawan kecurangan,” katanya.

Manipulasi data pemilihan berpotensi dilakukan operator mesin pemilihan elektronik. ”Kalau operatornya nakal, data bisa diubah, termasuk data perolehan suara,” ujarnya.

Bukan hanya itu, penggunaan e-voting juga sulit menjamin asas kerahasiaan. Pasalnya, pilihan setiap warga akan terekam dalam mesin pemilih elektronik sehingga bisa diketahui orang lain, terutama operator.

Padahal, dalam Putusan MK Nomor 147/PUU-VII/2009 disebutkan, metode e-voting dapat digunakan dalam pilkada dengan syarat tidak melanggar asas langsung, umum, bebas, dan rahasia, serta jujur dan adil. Artinya, penyelenggara pilkada harus bisa menjamin kerahasiaan apabila akan menggunakan e-voting.

Masalah kerahasiaan itu juga dipertanyakan anggota Komisi II dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Irvansyah. ”Prinsipnya, saya tidak menolak penggunaan e-voting, tetapi perlu dipikirkan mendalam karena masalahnya kompleks sekali. Bagaimana soal asas kerahasiaannya karena siapa yang memilih bisa terekam,” katanya.

Irvansyah meminta KPU agar segera memberi tahu KPU di daerah supaya tidak terburu-buru menggunakan metode e-voting dalam pilkada. Metode yang memanfaatkan teknologi tinggi itu baru bisa dilakukan setelah ada yang mengatur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s