KPU Cilegon Dibakar Orang Tidak Dikenal


Aparat Kepolisian Resor Cilegon menangkap 28 orang, yang diduga akan mencoba membakar kantor Komisi Pemilihan Umum Kota Cilegon, Provinsi Banten.

”Terkait kejadian percobaan pembakaran di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon, kami sudah menangkap 28 orang yang diduga terlibat,” kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Cilegon Ajun Komisaris Didik Novi di Cilegon, Jumat (14/5).

Kejadian diawali pada Kamis sekitar pukul 23.00 ketika petugas keamanan dan petugas piket kepolisian berpatroli serta menjumpai kerumunan orang yang berlalu lalang di sekeliling kantor KPU Kota Cilegon.

”Begitu ditanya, tidak ada jawaban, malah pergi semua, sehingga menimbulkan kecurigaan petugas,” kata Didik.

Saat mereka pergi tersebut, kata Didik, ada yang melemparkan botol berisi bensin ke arah kantor KPU Kota Cilegon. Atas kejadian itu, polisi kemudian menangkap orang-orang tersebut.

Polisi juga menyita beberapa barang bukti, seperti kantong plastik berisi bensin, botol minuman berenergi, belasan liter bensin, belasan telepon seluler, korek api, dan kendaraan bermotor. ”Kami saat ini masih melakukan pemeriksaan, menentukan peran masing-masing untuk proses penyelidikan lebih lanjut,” katanya.

Didik menuturkan, pasal yang dikenakan dalam kasus ini adalah Pasal 170 juncto 53 Kitab Undang-undang Hukum Pidana. Ayat 1 Pasal 170 menyebutkan, barangsiapa dengan terang- terangan dan dengan tenaga bersama menggunakan kekerasan terhadap orang atau barang diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun enam bulan. Ayat 2 Pasal 170 disebutkan, yang bersalah diancam pidana penjara paling lama tujuh tahun jika ia dengan sengaja menghancurkan barang atau jika kekerasan yang digunakan mengakibatkan luka-luka.

Rekapitulasi

Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kota Cilegon 2010 telah dilaksanakan pada 9 Mei.

Berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan suara, Kamis, pasangan Humaidi Husen dan Faridatul Fauziah mendapat 8.354 suara. Sementara Tb Iman Ariyadi-Edi Ariadi mendapat 85.543 suara; Ali Mujahidin-Syihabudin Syibli memperoleh 67.768 suara; Helldy Agustian-Djuher Arief mendapat sebanyak 14.501 suara; serta Achyadi Yusuf-Irvin Andalusiyanto mendapat 11.408 suara.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s