Universitas Jenderal Soedirman Kembangkan 5 Varietas Padi Baru


Setidaknya, lima macam padi varietas baru sedang dikembangkan di Laboratorium Pemuliaan Tanaman Bioteknologi Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Salah satunya, varietas baru padi gogo aromatik, yang benihnya akan diluncurkan Oktober 2010.

Selain baunya yang wangi, menurut Kepala Laboratorium Pemuliaan Tanaman Bioteknologi (LPTB) Fakultas Pertanian Unsoed Dyah Susanti, Senin (14/6), padi gogo aromatik temuan peneliti di LPTB, Profesor Totok Agung, ini juga kaya protein. Nilai proteinnya mencapai 12,8 persen, sementara kadar protein pada padi biasa hanya sekitar 8 persen.

Sementara yang masih dalam pengembangan sebagai varietas baru, lanjutnya, antara lain, adalah padi kaya unsur ferum (Fe) atau zat besi, padi kaya protein tinggi, padi tahan naungan, dan padi tahan suhu rendah. Penelitian padi calon varietas baru itu seluruhnya dilakukan para ilmuwan LPTB yang juga pengajar di Fakultas Pertanian Unsoed.

Para ilmuwan di laboratorium itu juga sedang berusaha mengembangkan budidaya padi varietas posihikari dari Jepang yang nasinya pulen dan kaya protein. ”Sejauh ini, kami masih dalam tahap uji coba karena padi hanya mau tumbuh di dataran tinggi dan suhu dingin,” ujarnya.

Namun, dalam waktu dekat, Dyah mengatakan, pihaknya mengembangkan padi kaya zat besi yang ditemukan peneliti di Fakultas Pertanian, yakni Suwarto.

Menurut Suwarto, padi temuannya, yang telah melalui masa penelitian uji coba sejak 2007, sekarang sedang melalui uji multilokasi di 14 lokasi di Banyumas dan Purbalingga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s