Jalan Tol BSD Serpong Bintaro Putus Lagi Karena Banjir Setinggi 50 cm dan Menjadi Tontonan


Jalan Tol Lingkar Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, di Kilometer 8 digenangi air setinggi sekitar 50 sentimeter sepanjang sekitar 200 meter. Akibatnya, tol ini tidak bisa dilalui.

Pukul 21.00, kemacetan arus lalu lintas di tol ini mulai reda meski genangan air belum surut. ”Posisi banjir sekitar 1,5 kilometer sebelum pintu keluar BSD Pamulang,” tutur Kepala Satuan Patroli Jalan Raya Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Ipung Purnomo saat dihubungi, Kamis (28/10) malam.

Karena banjir, sebagian kendaraan dari Jakarta menuju BSD berputar balik melawan arus ke gerbang tol Pondok Ranji kembali. Polisi lalu mengarahkan pengemudi membawa kendaraan mereka ke jalan Pondok Aren. Akibatnya, jalan Pondok Aren-Bintaro macet.

Menurut Ipung, puncak banjir terjadi pada pukul 19.00-20.00.

”Panjang antrean kendaraan mencapai 5 kilometer,” tuturnya. Ia menjelaskan, menjelang tiba di genangan air, pengemudi memilih mengarahkan kendaraan mereka ke tengah.

Hal ini membuat jalan tol yang biasa dilintasi tiga lajur kendaraan, saat itu hanya dilintasi satu lajur kendaraan. ”Pengemudi memilih ke tengah ketimbang kendaraannya kepeleset dan terguling ke tepi jalan tol. Saat banjir, kan, mereka tidak bisa melihat batas aspal dan jalur darurat yang sebagian rumput dan tanah,” papar Ipung.

Jadi tontonan

Lalu lintas macet karena laju kendaraan di seberang tol yang banjir bergerak lamban.

”Biasa, jadi tontonan pengemudi kendaraan yang berada di seberang. Lalu lintas di jalur seberang jalan tol yang tadinya lancar pun tersendat karena pengemudi mengurangi laju kendaraannya sambil menonton banjir,” jelas Ipung.

Di Jakarta Timur, genangan air karena guyuran hujan selama dua setengah jam kemarin menyebabkan arus lalu lintas di Kampung Melayu arah ke Pondok Bambu juga macet.

Senin lalu, Jalan Tol Lingkar BSD juga banjir. Kondisinya lebih buruk hingga pintu tol ditutup. Akibatnya, arus lalu lintas tumpah ke beberapa jalan utama di perumahan Bintaro Jaya, khususnya di sektor sembilan.

Kemacetan di beberapa jalan utama tersebut berlangsung hingga Selasa dini hari. Pengemudi yang kelelahan memarkir mobilnya di tepian jalan dan pulang dengan ojek motor atau dijemput dengan sepeda motor dari rumahnya.

Tampak puluhan mobil parkir berjejer dari sekitar sekolah Jepang hingga ke cluster Taman Permata Bintaro Jaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s