Categories
Bencana Alam Perekomonian dan Bisnis

Pelaku Usaha Kecil Menengah Di Wasior Membutuhkan Bantuan Modal


Sejumlah pelaku usaha kecil dan menengah di Wasior mengharapkan bantuan modal dari lembaga terkait agar bisa menghidupkan kembali usaha mereka. Sejak banjir bandang memorakporandakan Wasior, Teluk Wondama, Papua Barat, 4 Oktober lalu, dunia usaha di daerah itu mati suri.

Willem Imburi (45), pengusaha konstruksi di Sanduay, Wasior, Kamis (18/11), mengatakan, tempat usahanya berikut sejumlah truk dan alat berat yang dimiliki telah hancur diterjang banjir bandang. Ia terpaksa memulai usaha dari nol lagi. ”Saya sangat berharap ada bantuan modal dari pemerintah atau lembaga keuangan,” katanya.

Sebelum banjir bandang, Willem sudah dua tahun merintis usahanya. Saat masih beroperasi, dia bisa mempekerjakan sepuluh orang.

Sanduay merupakan daerah di Wasior yang rusak akibat banjir bandang. Selama ini Sanduay merupakan pusat perekonomian di Wasior.

Pedagang yang biasa berjualan di Pasar Sore kemarin mengungkapkan hal serupa. ”Untuk bertahan hidup saja sulit, bagaimana mungkin kami bisa mulai berjualan? Tanpa ada bantuan modal, sulit bagi kami bisa berdagang lagi,” kata Muhammad Nur (35), pedagang asal Makassar, Sulawesi Selatan, yang telah tiga tahun berdagang di Pasar Sore.

Hingga kemarin, hanya dua pedagang yang sudah berjualan di pasar itu. Sebelum bencana, ada sekitar 20 pedagang yang biasa berjualan di sana.

Menanggapi harapan pelaku usaha itu, Pejabat Sementara Bupati Teluk Wondama Decky Ampnir mengatakan, pemulihan usaha pedagang memang menjadi salah satu prioritas pemerintah. ”Bantuan modal yang diharapkan pedagang juga akan diupayakan pemerintah,” katanya.

Kemarin sukarelawan dari berbagai organisasi masih bertahan di Wasior. Namun, jumlahnya tidak lebih dari 20 orang, menurun drastis dibandingkan saat minggu pertama dan kedua pascabanjir yang mencapai ratusan orang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s