Categories
Perekomonian dan Bisnis Transportasi

Persediaan Bahan Bakar Minyak Di Jawa Timur Kian Menipis


Krisis bahan bakar minyak di beberapa wilayah di Jawa Timur masih berlangsung. Di Kota Kediri dan Kabupaten Kediri, tidak hanya BBM bersubsidi jenis premium yang langka, tetapi BBM nonsubsidi jenis pertamax juga mulai menipis.

Hari Kamis (18/11), sejumlah SPBU di Kediri tidak lagi melayani pembelian pertamax. Di SPBU Jalan Joyoboyo, Kota Kediri, dan SPBU Jalan Soekarno-Hatta, Kabupaten Kediri, Kamis pagi memasang papan pengumuman ”Pertamax Habis” yang diletakkan di samping pengumuman ”Premium Habis” yang terpasang sejak Selasa.

Habisnya stok premium memicu kepanikan para pengendara kendaraan bermotor, apalagi stok premium di penjual eceran juga habis.

Kamis pagi, Pertamina memasok premium ke SPBU di Desa Sukorejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. Premium itu langsung habis diserbu warga.

Petugas SPBU Sukorejo, Lukman, mengatakan, kelangkaan BBM disebabkan oleh pengurangan pasokan dari Pertamina ke seluruh SPBU sebesar 10-50 persen dari permintaan.

Petugas SPBU Ngrowo, Kabupaten Bojonegoro, Ikhsan, menuturkan, pasokan dari Pertamina mulai berkurang awal November. Jika sebelumnya dikirim 16.000 liter tiap hari, saat ini ada hari tertentu tidak ada kiriman. Ritme pengiriman berbeda menyebabkan SPBU diserbu pembeli saat ada kabar pasokan premium datang sebab di SPBU lain masih kosong. Hal serupa terjadi di Lamongan.

Menurut Kepala Bagian Perekonomian Kota Kediri Yetty, pihaknya mengetahui keresahan masyarakat terkait kelangkaan BBM. Untuk itu, ia memutuskan akan menggelar pertemuan terbatas dengan pengusaha SPBU dan perwakilan Pertamina.

Dari koordinasi secara informal dengan pelbagai pihak, Yetty juga menemukan pemicu kelangkaan BBM adalah pengurangan kuota sebesar 10-50 persen, terkait rencana pemerintah mengurangi konsumsi premium dan mengalihkan ke pertamax untuk menekan subsidi BBM dari APBN.

Asisten Manajer External Relation PT Pertamina Unit Pemasaran V Surabaya Eviyanti Rofraida menyatakan, awalnya Pertamina memang bermaksud melakukan penghematan subsidi BBM dengan mengatur konsumsi premium. Pertamina mengurangi pasokan premium ke sejumlah SPBU, misalnya yang sebelumnya 16 kiloliter per hari menjadi 8 kiloliter. Namun, pihaknya kini akan melakukan pemulihan pasokan BBM di Jawa Timur.

Untuk mempercepat pemulihan, pihaknya membuka pelayanan di Depo Pertamina Surabaya menjadi 24 jam penuh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s