Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo Kukuh Tidak Melakukan Kesalahan


Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo bersikukuh tidak ada kekeliruan dalam proses jual-beli tanah korban semburan lumpur di Sidoarjo, Jawa Timur. BPLS pun menyesalkan warga yang melapor ke polisi setelah proses pembayaran jual-beli tanah berlangsung dua tahun. Namun, BPLS siap jika persoalan itu diseret ke ranah hukum.

Ketua Kelompok Kerja Perlindungan Sosial BPLS Bajuri Dwi Cahyono mengatakan hal itu hari Kamis (9/12) di Surabaya.

Ia mengemukakan hal itu setelah menanggapi laporan warga Desa Besuki, Kecamatan Jabon, ke Kepolisian Resor Sidoarjo, Rabu (8/12). Menurut Mudiharto, pelapor dari Desa Besuki, dasar laporannya adalah dugaan unsur pelanggaran dalam kasus jual beli tanah milik warga oleh BPLS (Kompas, 9/12).

”Tidak ada kekeliruan dalam jual-beli tanah milik warga. Kami menilai, pelapor tidak mengikuti seluruh rangkaian proses jual-beli tanah yang ia persoalkan tersebut,” kata Bajuri.

Menurut Bajuri, sebelum proses jual-beli dilaksanakan, tim verifikasi bentukan BPLS memeriksa kondisi tanah milik warga dan disesuaikan dengan bukti kepemilikan tanah tersebut. Hasil verifikasi diumumkan kepada warga. Selama hasil verifikasi diumumkan dalam tujuh hari tidak ada satu keberatan pun yang diajukan warga. ”Mengapa baru sekarang dipermasalahkan. Padahal, proses verifikasi dilakukan tahun 2008 dan pembayaran sudah berlangsung dua tahap, yaitu 20 persen tahun 2008 dan 30 persen tahun 2009,” ujarnya.

Sementara itu, Mudiharto menyatakan memiliki hak atas tanah lapangan Besuki seluas sekitar 8.000 meter persegi, yang pembayarannya masuk ke warga lain yang juga warga desa itu. Bukti kepemilikan atas tanah tersebut berupa SK Gogol. Namun, tim verifikasi BPLS dinilai kurang cermat sehingga berakibat pembayaran tanah jatuh kepada pihak lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s