Densus Anti Anarki Yang Sejak Soeharto Jatuh Di Peti Es Kan Kini Kembali Aktif Dengan Prosedur Tembak Ditempat


Polri akan membentuk satuan khusus yang akan menangani aksi anarkis massa yang terjadi secara tiba-tiba dan masif, dengan mengimplementasikan prosedur dan ketetapan (protap) tembak di tempat, yakni Detasemen Penanggulangan Anarkhis (DPA).

Detasemen ini tetap berada di tingkat Mabes Polri dengan satuan berada di tingkat Polda dan Polres. “Satuan Penanggulangan Anarkhis berada di tingkat Polda dan Polres,” ujar Kabag Penum Polri Kombes Pol Boy Rafli Amar melalui pesan singkat, Selasa (1/3/2011).

Tugas Satuan Penanggulangan Anarkis di tingkat Polda dan Polres ini sesuai dengan Prosedur dan Ketatapan Kapolri No 01/X/2010 tentang Penanggulan Anarkis. Satuan tersebut pada pelaksanaannya akan dikendalikan oleh para Kapolres atau Kasatwil di masing-masing wilayah.

Tugas pokok satuan itu adalah penanggulangan tindak anarkhis yg dilakukan oleh kelompok massa melalui penegakan hukum secara tegas, terukur dan akuntabel.

Satuan ini tetap mengedepankan prinsip-prinsip profesionalisme dalam memberikan pelayanan dan pelindungan kepada masyarakat terhadap tindakan anarkis atau destruktif yang dapat mengancam atau membahayakan keselamatan jiwa dan harta benda.

Detasemen pengendali massa ini bukanlah detasemen baru. Anggota satuan detasemen ini akan direkrut dari satuan Brimob, Pasukan antihuru-hara (PHH), Samapta, sebagai tim penindak membantu dalmas dalam menghadapi massa.

Sebagai tindaklanjut, dalam waktu dekat Polri akan melaksanakan simulasi teknis aksi detasemen anti-anarkis ini.

Selain itu, evaluasi atas aksi anarkis massa di Cikeusik, Banten dan Temanggung, Jawa Tengah yang mengakibatkan korban jiwa dan benda, menjadi alasan tersendiri sehingga detasemen ini diperlukan.

Advertisements

One response to “Densus Anti Anarki Yang Sejak Soeharto Jatuh Di Peti Es Kan Kini Kembali Aktif Dengan Prosedur Tembak Ditempat

  1. setuju banget nih.. tembakin aja tuh pak ormas-ormas yang suka maen razia seenak udelnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s