Pemerintah DKI Resmikan Jalur Khusus Sepeda Pertama Di Blok M


Dalam rangka memberi ruang bagi para pengguna sepeda di DKI Jakarta, hari ini, Minggu (22/5/2011), lajur sepeda pertama di DKI Jakarta diresmikan. Lajur sepeda ini membentang sepanjang 1,4 km.

Pada peresmian ini, hadir juga Menteri Dalam Negeri, Gamawang Fauzi selaku Ketua Dewan Pembina Komite Sepeda Indonesia, Walikota Jakarta Selatan Syahrul Effendi selaku Ketua Komite Sepeda Indonesia, Sekretaris Daerah Fadjar Panjaitan dan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Royke Lumowa.”Melihat perkembangan pengguna sepeda di Jakarta begitu luar biasa dan banyaknya komite-komite sepeda, maka lajur sepeda ini diresmikan,” kata Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo ketika menyampaikan sambutan peresmian lajur sepeda di Taman Ayodia, Kebayoran Baru, Jakarta, Minggu (22/5/2011).

Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 680 tahun 2011, lajur sepeda akan ditetapkan dari Jalan Mahakam (Taman Ayodia) sampai Jalan Prapanca Raya (Kantor Walikota Selatan). Namun saat ini, lajur yang tersedia baru dari Jalan Mahakam sampai Jalan Melawai. Sedangkan tahap kedua dari Jl. Iskandarsyah sampai Jl. Prapanca Raya akan dibuat setelah selesai pembangunan Jalan Layang Non Tol Antasari – Blok M.

Tidak hanya lajur sepeda saja, parkir khusus sepeda dan posko terpadu juga disediakan di sekitar Jl. Mahakam ini. Posko terpadu yang merupakan kerjasama Polda Metro Jaya, Koramil, Satpol PP dan Komite Sepeda Indonesia ini berfungsi untuk keamanan para pengguna sepeda dan menjaga agar lajur tersebut tidak digunakan oleh kendaraan lain.

Nantinya, lajur sepeda semacam ini tidak hanya di Jakarta Selatan saja melainkan juga tersebar di lima wilayah kota Jakarta lainnya. Rencananya selanjutnya akan dilakukan di Jakarta Timur.”Tentunya tidak berhenti di sini saja, melihat komunitas sepeda makin berkembang. Jika ada yang pertama, pasti ada yang kedua, ketiga dan seterusnya,” ungkap Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, penggunaan lajur sepeda pertama kali ini diramaikan sekitar 5.000 orang yang berasal dari masyarakat umum dan berbagai komunitas sepeda seperti bike to work dan goes to school. Tidak ketinggalan pula, Gubernur bersama Mendagri, Sekda dan Walikota Jakarta Selatan ikut mengendarai sepeda menyusuri lajur sepeda baru tersebut.

Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, bakal membangun jalur khusus sepeda di Jalan Ahmad Yani. Pembuatan jalur sepeda itu merupakan tindak lanjut program Car Free Day di Jalan Ahmad Yani pada hari Minggu kedua dan keempat dalam satu bulan, pukul 06.00-09.00.

Dukungan masyarakat terhadap Car Free Day dinilai cukup baik. Ruas jalan itu ternyata padat oleh pengendara sepeda dan warga yang ingin berolahraga selama ditutup. “Dari situlah muncul gagasan untuk membuat jalur khusus sepeda,” kata Wakil Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Kamis (31/3/2011).

Sebagai bentuk keseriusan mendukung usul itu, mulai Jumat (1/4/2011), Rahmat akan secara rutin bersepeda ke kantornya dari rumah setiap hari Jumat. Pemerintah melalui anggaran pengecatan marka jalan akan menandai separuh jalur lambat untuk sepeda. Apabila jalur itu efektif dipakai masyarakat pemakai sepeda, maka jalur akan dipertahankan.

Pembangunan jalur sepeda rute Taman Ayodya-Blok M sepanjang 1,5 kilometer yang diteruskan rencana pembangunan jalur sepeda menuju pusat perbelanjaan Mal Pondok Indah ditanggapi positif penggemar dan komunitas sepeda di DKI Jakarta. Namun, untuk menjamin kenyamanan dan keselamatan pesepeda, jalur tersebut harus dibuatkan rambu yang jelas.

“Bersepeda tentu tidak sama dengan bermotor, harus ada rambu yang secara tegas mengatur dan tentu harus ada pula sosialisasi bukan hanya bagi pengguna sepeda, tetapi juga pengguna kendaraan bermotor dan angkutan umum.” ujar Edy S Hasyim, Ketua Harian Cycling Club, Jumat (4/2/2011).

Edy menambahkan, komunitas pencinta sepeda di Jakarta menilai gagasan Wali Kota Jakarta Selatan Syahrul Effendi membangun jalur khusus sepeda sebagai ide brilian. “Saya kira itu gagasan yang bagus. Kemacetan secara perlahan tetapi pasti diharapkan bisa diatasi jika jumlah pengguna sepeda meningkat secara signifikan,” katanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s