Jakarta Adalah Kota Paling Tidak Nyaman Untuk Ditinggali Di Indonesia Setelah Medan dan Pontianak


Kondisi sejumlah kota besar di Indonesia dinilai tidak nyaman ditinggali. Kesimpulan itu didapat dari survei Most Livable City Index 2011 yang dilakukan Ikatan Ahli Perencanaan (IAP). Survei dilakukan pada Oktober 2010 hingga Maret 2011 dengan 1.000 responden di 15 kota besar di Indonesia. Jakarta termasuk kota yang indeks persepsi kenyamanannya rendah, hampir setingkat dengan Banjarmasin, Batam, Jayapura, Bandung, Palembang, Palangkaraya, dan Medan.

“Indeks ini merupakan aktualisasi mengenai persepsi warga kota yang menunjukkan kota-kota besar di Indonesia saat ini masih jauh dari kondisi yang ideal sebagai kota yang nyaman,” kata Sekretaris Jenderal IAP Bernardus Djonoputro saat memaparkan hasil survei di Kementerian Pekerjaan Umum, Kamis lalu.

Bernardus mengatakan ketidaknyamanan para warga di sejumlah kota besar dapat dilihat dari indeks rata-rata kenyamanan warga terhadap kotanya yang hanya 54,26 persen. “Berarti lebih dari 40 persen masyarakat merasa tidak nyaman tinggal di kotanya,” ujarnya.

Kesimpulan survei ini dibenarkan Agus Imansyah, 39 tahun, karyawan Indonesia Eximbank yang berkantor di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan. “Jakarta ini semrawut,” ujarnya kemarin. Menurut dia, fasilitas transportasinya buruk, selalu penuh sesak pada jam pulang dan pergi ke kantor. Jakarta, kata Agus, makin tidak nyaman ketika turun hujan. Air yang menggenang di mana-mana membuat Jakarta semakin semrawut dan merepotkan warga kota.

Hal senada dikatakan Heru Tjarmadi, 28 tahun, yang bekerja di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Secara umum, kata dia, fasilitas di Ibu Kota kurang nyaman dan aman. Ruang publik, seperti di tempat wisata, rawan kejahatan. Begitu juga fasilitas umum, seperti terminal bus antarkota dan antarprovinsi. Di dua tempat fasilitas umum itu, kata Heru yang pernah tinggal di Yogyakarta, rawan preman. Adapun perlindungan dari kepolisian sangat minim.

Namun, dari 15 kota yang disurvei, Medan dan Pontianak adalah kota yang memiliki tingkat kenyamanan paling rendah. Medan menempati urutan terendah dengan indeks persepsi kenyamanan 46,67 persen. “Dua kota itu memiliki persepsi kenyamanan warga yang rendah di hampir semua kriteria, termasuk kondisi tata kota dan lingkungannya,” kata Bernadus.

Dari 15 kota yang diteliti, Yogyakarta berada pada urutan pertama sebagai kota yang tingkat kenyamanannya di atas rata-rata, yaitu dengan persepsi 66,52 persen. Kemudian disusul Semarang, Surabaya, Manado, Makassar, dan Denpasar. Indeks ini, kata Bernardus, menunjukkan kota-kota besar di Indonesia masih jauh dari kondisi nyaman.

Bernardus mengatakan kondisi tidak nyaman ini dapat bertambah parah jika tidak ada tindakan dari pemimpin daerah. “Terutama wali kota, untuk mengambil dan menerapkan kebijakan pembangunan kota yang berani,” ujarnya.

One response to “Jakarta Adalah Kota Paling Tidak Nyaman Untuk Ditinggali Di Indonesia Setelah Medan dan Pontianak

  1. saya akan mengklik Re-Tweet jika ini twitter, bahkan favorit.
    semua yang dikatakan diatas betul. tidak seperti singapura. di sana, jika kita berjalan kaki di pinggir jalannya sajapun, sangatlah nyaman, karena memang pedestriannya disediakan, semua tertata rapi, dan kita bisa melihat2 barang2 yang dijual di toko. seperti kita berjalan di mall outdoor. ketika saya kesana, ada toko2 baju, dan sebagainya. dan tokonya besar, jalan untuk kita berjalan juga besar,, dan sangatlah bersih dengan kendaraan dengan yang berbahan bakar ramah lingkungan.. coba di Jakarta. jalan di pinggir jalan, resiko tertabrak motor masih ada. bajaj, bus, yang asapnya kemana-mana. jalan jebol saja, tidak langsung di betulkan. bukan hanya semrawut transportasinya saja. melainkan juga semrawut orangnya. lama2, orang2 jakarta semakin kurang ajar,, pegawai2 toko, sangatlah tidak ramah,,, jika kita ingin berbelanja di satu toko, tidak jarang pegawainya tidak menghormati bahkan ngajak ribut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s