Buku Petunjuk Guide Pariwisata Lombok Diluncurkan Demi Visit Lombok Sumbawa 2012.


Sebuah buku guide pariwisata berjudul “Lombok, Enaknya ke Mana” telah diluncurkan belum lama ini di Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Buku yang ditulis oleh Yusak Anshori dan Adi Kusrianto itu memberikan panduan (guide) bagi para turis mengenai tempat-tempat wisata menarik di Lombok, yang dikenal memiliki banyak pantai indah dan budaya yang eksotik.

Bagi Yusak dan Adi ini merupakan buku guide pariwisata kedua yang ditulisnya setelah buku pertama berjudul “Surabaya Enaknya ke Mana”.

Potensi pariwisata Lombok yang natural dan indah telah menarik perhatian kedua penulis, selain karakteristik masyarakat Jawa Timur dan Lombok yang hampir sama.

Yusak Anshori yang seorang praktisi dan akademisi pariwisata mengatakan,“Kami ingin mensinergikan kesamaan karakter masyarakat Jatim dan NTB dengan SDP (sumber daya pariwisata) yang dapat saling melengkapi untuk berpromosi bersama.”

Jumlah penerbangan langsung Surabaya dan Lombok juga sangat mendukung sinergi kedua daerah ini. Potensi pariwisata Lombok sungguh luar biasa, disamping pantainya yang indah juga memiliki budaya dan keindahan alam yang eksotik.

Oleh karena itu promosi harus lebih digalakkan khususnya dengan cara membuat guide book seperti buku “Lombok: Enaknya ke Mana” ini, kata Yusak dalam siaran pers.

Yusak berharap, dengan guide book semacam ini diharapkan wisatawan dan calon wisatawan tidak mengalami kesulitan untuk memilih obyek-obyek wisata yang disukai dan dapat mengelola waktunya secara lebih efisien.

Sementara Adi Kusrianto menambahkan “potensi wisata Lombok sebenarnya bukan hanya alam dan budaya, wisata kulinernya pun memiliki potensi yang sangat besat untuk di kembangkan”.

Dr.TGH.M.Zainul Majdi, Gubernur Nusa Tenggara Barat, di dalam testimoninya mengatakan bahwa ”Buku ini merupakan sebuah kontribusi positif bagi pengembangan kebudayaan dan pariwisata Nusa Tenggara Barat yang semakin membesarkan harapan Pemerintah, pelaku industri pariwisata, dan masyarakat bahwa pariwisata akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengangkat martabat serta daya saing daerah”.

Ketua Lombok Sumbawa Tourism Board sekaligus Ketua ASITA Nusa Tenggara Barat, Awan Aswibawana mengatakan, buku itu merupakan bentuk usaha untuk mempromosikan Lombok khususnya untuk pasar domestik yang jumlah kunjungannya terus meningkat.

“Karena isinya sangat jelas dan gamblang, buku ini patut dimiliki oleh siapa saja yang ingin maupun merencanakan mengunjungi Lombok,” katanya.

Yusak mengaku sangat senang karena bukunya disambut sangat antusias tidak hanya oleh pemerintah daerah tetapi juga masyarakat NTB. Ia mengharapkan buku itu dapat membantu suksesnya pariwisata Lombok menyongsong Visit Lombok Sumbawa 2012.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s