Buruh Wanita Pabrik PT Ching Luh Indonesia Alami Kesurupan Massal


Ratusan buruh pabrik sepatu, PT Ching Luh Indonesia, yang memproduksi sepatu merek Adidas, di Jalan Raya Serang, Cikupa, Kabupaten Tangerang, Jumat (29/7), mengalami kesurupan. Saking banyaknya yang kesurupan, manajemen akhirnya memulangkan buruh bagian produksi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Warta Kota, ratusan buruh di bagian produksi itu kesurupan secara beruntun sejak jam 08.00. Karena yang mengalami kesurupan makin banyak, pihak manajemen memulangkan buruh bagian produksi ke tempat kos masing-masing.

Sedangkan buruh yang kesurupan ditangani pihak manajemen dengan memanggil dua orang ustadz, untuk menyembuhkannya. Bahkan pihak manajemen terpaksa membeli tiga ekor kambing ukuran sedang, dan menyembelihnya, dengan tujuan mengusir roh jahat yang ada di pabrik milik investor Taiwan itu.

Menurut para buruh yang dipulangkan, peristiwa kesurupan di pabrik yang memiliki 12.800 orang karyawan itu, sudah sering kali terjadi. Namun kesurupan kali ini adalah yang terbanyak. “Kamis kemarin sudah ada 35 orang yang kesurupan pada jam 17.00. Tapi kesurupan Jumat ini yang paling banyak,” ujar Ani, buruh yang ditemui Warta Kota.

Para buruh yang kesurupan mereka pada berteriak dengan kata-kata yang tidak jelas. “Tidak jelas mas yang dikatakan. Mereka pada berteriak saja, ada yang seperti orang histeris, menanggis dan guling-guling,” tandas Ani.

Menurut Rudi, bagian produksi lainnya, penyeban kesurupan itu memang belum jelas. Namun peristiwa kesurupan sering terjadi sejak PT Ching Luh Indonesia, menambah line produksi, yang berdampak pada perluasan lahan pabrik. “Sudah setahun terakhir ini jadi sering kesurupan. Mungkin di area baru ini banyak setannya. Karena kata teman-teman kalau malam ruang produksi seram. Sudah ada yang ganggu,” ucapnya.

Akibat peristiwa kesurupan itu aktivitas produksi sempat terganggu. Aktivitas kembali normal pada jam 13.00. Setelah dua orang ustadz berhasil mengendalikan mahluk halus yang ada. Sementara itu pihak manajemen melarang wartawan meliput peristiwa kesurupan tersebut. “Tidak boleh masuk mas. Karena ini masalah internal kami,” ucap seorang petugas sekuriti pabrik.

Kesurupan massa juga pernah menimpa buruh PT Samudra Biru di Jalan Raya Bogor, Cibinong, Kota Bogor, 23 Juni lalu.
Penyebab kesurupan di kedua pabrik itu tak terungkap hingga sekarang.

Dokter spesialis syaraf RSUD Dr. Soetomo, Bambang Wijasa Wiradinata pernah mengatakan, terlepas dari unsur mistik, kesurupan terjadi ketika seseorang berada di alam bawah sadarnya. Dalam kondisi itu mereka lalu mengalami disosiasi, trance, konversi, histeria, dan split personality. Gejala itulah yang oleh orang awam dikenal sebagai ‘kesurupan.’ Kesurupan biasanya mudah menyerang mereka yang sedang dalam kondisi tertekan atau stres tinggi, dan labil secara kejiwaan. Biasanya wanita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s