Waspada … Inilah Daftar Lengkap Modus Kejahatan Terbaru Menjelang Bulan Puasa Ramadhan


Polda Metro Jaya mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai modus operandi kejahatan baru yang diprediksi bakal muncul selama bulan Suci Ramadhan sampai Lebaran tiba. Salah satunya mengirim bingkisan parcel. “Selain mengirim parcel, bisa juga dengan berpura-pura mengantar kartu ucapan atau yang lain yang berkenaan dengan suasana bulan Ramadhan,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Baharudin Djafar, dihubungi Sabtu (30/7) malam.

Modus kejahatan dengan memanfaatkan suasana bulan yang penuh berkah dan pengampunan ini bakal marak terjadi. Biasanya pelaku mengincar lokasi-lokasi kawasan perumahan yang selalu ditinggal pergi penghuni dan hanya ada pembantunya saja.
Pihak kepolisian, kata Baharudin, mengimbau kepada para pemilik rumah untuk selalu mengingatkan pembantunya untuk selalu waspada. Jika menerima tamu dalam keadaan seorang diri di rumah, sebaiknya perhatikan betul, apakah tamu tersebut dikenal.

“Kalau nggak kenal, jangan dibiarkan masuk ke halaman rumah. Lalu cek siapa pengirim barang tersebut dan apa jenis barangnya. Setidaknya pembantu di rumah bisa menghubungi majikannya untuk menanyakan kiriman barang tersebut,” papar Baharudin.

Sebagai perwira menengah yang bertugas di bidang Kamtibmas, mantan Kepala Bidang Humas Polda Sumatera Utara ini juga mengimbau kepada petugas keamanan perumahan untuk meningkatkan pengamanan. Jika ada orang yang hendak mengirim barang atau keperluan lain dengan tujuan bertamu, periksa identitas dan periksa barang bawaannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s