Categories
Berbudaya Transportasi

Menjelang Lebaran dan Mudik Stasiun Gambir Kedatangan 16.000 Penumpang Setiap Hari


Penumpang kereta api kelas eksekutif dan bisnis yang diberangkatkan dari Stasiun Gambir, Jakarta, diperkirakan mencapai 16.000 orang per hari sejak H-5 sampai H-1 Lebaran 2011.

Hal itu dikemukakan Kepala Humas Kereta Api Daerah Operasional I Jakarta Mateta Rizalulhaq, Selasa (23/8/2011), di Jakarta.

Jumlah itu tidak terlalu berbeda dibandingkan dengan jumlah penumpang angkutan Lebaran tahun lalu. “Masih ada tiket eksekutif dan bisnis yang tersedia, terkecuali tiket untuk H-5 dan H-4. Sebab, pada dua hari itu semua tiket sudah habis,” ungkap Mateta.

Sementara itu, beberapa pemudik tampak mulai berdatangan ke Stasiun Gambir, Selasa (H-7). Mereka duduk di tempat tunggu dengan barang bawaan mereka. Kendati demikian, suasana belum terlalu ramai dan tidak jauh berbeda dengan hari-hari biasa.

Dari pengamatan Kompas, pemudik masih didominasi mereka yang bertujuan jarak dekat, semisal ke Cirebon dan Tegal yang menumpang KA Cireks. Sahadi (50), misalnya, memilih pulang lebih awal ke Cirebon karena menghindari kepadatan penumpang menjelang Lebaran.

Ia membeli tiket kelas bisnis. “Sebelum Lebaran harga tiket bisnis Rp 55.000, sekarang jadi Rp 70.000,” kata Sahadi. Untuk Lebaran kali ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan 6 kereta eksekutif dan bisnis tambahan dari Gambir.

Menurut catatan Mateta, tiket yang masih tersisa antara lain pada KA Gajayana jurusan Jakarta-Malang dan KA Argo Anggrek jurusan Jakarta-Surabaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s