Kebakaran Besar Landa Bendungan Hilir Tanah Abang Hanguskan 150 rumah Di Dua RT


Kebakaran besar pada pagi hari di Kelurahan Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa, diperkirakan menghanguskan sampai 150 rumah di tiga lingkungan rukun tetangga setempat. Sampai berita ini diturunkan, petugas Dinas Kebakaran DKI Jaya dan suku dinasnya sudah bisa memadamkan api.

Warga di kawasan padat penduduk yang rumah-rumah semi permanennya banyak terbangun sudah mulai bisa mendatangi bekas-bekas kebakaran. “Lima menit lalu, apinya sudah padam. Sekarang lagi pendinginan. Harapannya, api padam total, nggak muncul titik api lagi. Agar pendataan, bisa segera dilakukan,” kata Lurah Bendungan Hilir, Suprayogi.

Dia mendapat informasi awal bahwa kebakaran itu terjadi di RT 006, 007 dan 008 di RW 01. “Yang terparah di kawasan RT 006 dengan jumlah rumah terbakar sekitar 50 rumah,” kata Suprayogi. Sebagaimana bagian lain pemukiman itu, rumah-rumah yang terbakar kebanyakan milik warga pendatang yang bekerja di berapa perkantoran yang ada di sekitar lokasi, selain itu juga ada yang bekerja sebagai pedagang dan sektor-sektor informal lainnya.

Api yang berkobar sekitar pukul 11.00 menurut perkiraan Suprayogi di duga terpercik akibat hubungan arus pendek. Api sendiri berasal dari rumah yang di kontrak Ny Yayat di kawasan RT 006

Api sangat besar memusnahkan puluhan rumah di Kawasan Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Petugas pemadam kebakaran bekerja ekstra keras memadamkan api namun tetapi mengalami kesulitan sementara kepanikan terjadi pada warga sekitar.

“Saya kaget sekali waktu dibangunkan mama. Ada ledakan keras di warung gorengan depan rumah, kelihatannya dari tabung gas mereka. Rumah kami terbakar semua, termasuk 16 kamar indekosan di samping,” kata Vera, warga Rt008/01 Kelurahan Bendungan Hilir.

Vera tidak berhasil mengendalikan kepanikan dirinya pada saat ditanyai, kecuali memberi keterangan pendek itu. Puluhan mobil pemadam kebakaran bergantian datang menyemprotkan air memakai pompa bertekanan tinggi dari selang-selangnya.

Warga yang rumah-rumahnya terbakar ataupun yang tidak, bahu-membahu mencoba memadamkan api. Jalan menuju kawasan Pasar Bendungan Hilir juga telah ditutup dari lalu-lalang kendaraan.

Suprayogi, Ketua RW 08 Kelurahan Bendungan Hilir yang juga berbaur dengan warganya menyelamatkan apa saja yang bisa diselamatkan, berujar pendek, “Kami belum tahu persis penyebabnya. Maaf, kami harus padamkan api segera.”

Asap yang membumbung tinggi bahkan bisa dilihat secara jelas dari ketinggian gedung-gedung di Kawasan Monas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s