Kecelakaan Bus Transjakarta Dijalur Busway Harus Diselesaikan Di Pengadilan Karena Bukan Salah Pramudi Tetapi Karena Ketidaktegasan Polisi dan Petugas Dishub


Meski telah memiliki jalur khusus, kecelakaan bus transjakarta dengan para pengguna jalan masih saja terjadi. Hampir 90 persen penyebab kecelakaan pada jalur khusus bus transjakarta ini karena rendahnya kesadaran pengguna jalan untuk tidak menerobos jalur tersebut.

“Para pramudi tidak dapat disalahkan sepenuhnya. Apalagi jika kecepatannya sesuai dengan aturan dan tidak ngebut,” kata Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ), Azas Tigor Nainggolan, di Jakarta, Rabu (21/12/2011).

Menurutnya, selama berada di jalur bus transjakarta dan bertugas, para pramudi ini dilindungi oleh undang-undang lalu lintas dan peraturan daerah yang mengatur. Karena itu, ia sempat mendorong pramudi yang terkena insiden kecelakaan di jalur bus transjakarta untuk tetap melanjutkan kasus pidananya ke pengadilan.

Dari sekian banyak kasus kecelakaan bus transjakarta sepanjang tahun ini, belum ada data bahwa kasus para pramudi yang pernah menabrak ini berlanjut di pengadilan. Tigor berujar bahwa kasus pidana semacam ini harus diselesaikan di pengadilan dan tidak bisa diselesaikan secara damai antara pramudi dan polisi.

“Pidana harus lanjut, dan pramudi tidak harus takut untuk ke pengadilan. Faktanya, kecelakaan terjadi karena ada kendaraan yang menerobos ke jalur busway. Baru masuk jalurnya saja sudah melanggar lho,” tandasnya.

Sementara itu, Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi, mengatakan bahwa tingginya angka pelanggaran dan kecelakaan di jalur bus transjakarta ini disebabkan para petugas Dinas Perhubungan dan kepolisian yang tidak tegas dalam menjaga sterilisasi jalur khusus ini.

“Polisi memiliki wewenang untuk melakukan penindakan, tapi kenyataannya masih banyak pelanggaran menerobos busway yang menyebabkan kecelakaan,” jelasnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s