Daftar Jalan Di Jakarta Yang Rawan Kecelakaan Bagi Pengendara Sepeda Motor Untuk DiTabrak Mobil


Kecelakaan lalu lintas di jalan ibukota Jakarta hampir terjadi setiap waktu. Dimanakah daerah kecelakaan di Jakarta yang banyak mengakibatkan lakalantas. Dari lima wilayah di DKI Jakarta, wilayah Jakarta Barat terbilang rawan kecelakaan yang diakibatkan jalan rusak. Pengguna kendaraan bermotor khususnya pengendara sepeda motor diimbau berhati-hati apalagi saat ini musim penghujan telah tiba.

“Paling sering terjadi di wilayah Jakarta Barat, kemudian Jakarta Utara, Jakarta Timur, Tanggerang Kabupaten, dan Bekasi Kabupaten,” ucap Kepala Subdit Pendidikan dan Rekayasan Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Kanton Pinem, Jumat (6/1/2012) siang.

Dikatakan Pinem, kecelakaan yang disebabkan oleh faktor jalanan juga mendominasi. Berdasarkan data Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, kecelakaan yang diakibatkan karena jalan rusak, tahun 2010 sebanyak 16 kejadian. Pada tahun 2011 hanya 1 kejadian.

Kecelakaan karena jalan berlubang di tahun 2010 mencapai 53 kejadian sedangkan tahun 2011 sebanyak 35 kejadian. Kemudian, akibat jalan bergelombang di tahun 2010 terjadi 50 kasus dan pada 2011 terjadi 49 kasus. Dari 49 kejadian itu, 48 terjadi di Jakarta Barat dan 1 kejadian di wilayah Kota Bekasi.

“Sedangkan kecelakaan yang diakibatkan karena tikungan tajam tahun 2010 hanya dua kali kejadian sedangkan 2011 naik menjadi empat kejadian. Semuanya terjadi di Jakarta Barat,” ucap Pinem. Penyebab jalan rusak, lanjut Pinem, disebabkan karena banyaknya kendaraan berat yang sering melintas. Aspal tersebut tidak mampu menahan beratnya kendaraan tersebut sehingga cepat rusak. Sedangkan jalan berlubang biasanya disebabkan karena adanya pengerukan misalnya perbaikan gorong-gorong yang tidak rapi penyelesaiannya.

Di saat musim hujan, para pengendara sepeda motor disarankan berhati-hati dalam berkendara. Jika hujan, jalan rusak dan berlubang terkadang tidak terlihat karena tertutup genangan air. Sebaiknya jangan ngebut karena bisa fatal akibatnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Keamanan dan Keselamatan Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Yakub Dedi Karyawan, mengatakan, untuk membantu keselamatan dan keamanan para pengendara di saat musim hujan, sejumlah polisi lalu lintas akan disebar. Para petugas sudah dilengkapi dengan jas hujan khusus, sepatu boats, dan perlengkapan lainnya.

“Sehingga tidak ada alasan lagi anggota malas turun ke jalan karena basah diguyur hujan. Menghadapi musim hujan, semua personil akan diturunkan ke jalan untuk mengatur arus lalu lintas yang selalu macet ketika hujan turun,” papar Yakub.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s