Saluran Mampet Penyebab Jalan Gajah Mada Selalu Kebanjiran


GENANGAN air selalu jadi langganan di Jalan Gajah Mada di depan halte Duta Merlin dan depan Gajah Mada Plaza di wilayah Kelurahan Petojo Utara, Gambir Jakarta Pusat. Hal itu akibat tidak optimalnya saluran air di kawasan tersebut. Kondisi ini sangat mengganggu aktifitas warga khususnya para pengguna jalan, karena jalan jadi menyempit dan menimbulkan kemacetan.

Genangan juga terjadi di kawasan Jalan Pembangunan III, akibat saluran air tidak berfungsi. “Kondisi ini sudah berlangsung lama,” kata Uki, warga, Jumat.

Ketua Lembaga Masyarakat Kelurahan (LMK) Petojo Utara, Ramli Jontang, ketika dimintai tanggapannya mengatakan masalah genangan air di Jalan Gajah Mada yang masuk wilayah RW 01 dan depan Duta Merlin di RW 07 pihak LMK belum bisa mengurasnya karena keterbatasan dana.

Apalagi, kawasan tersebut merupakan jalan protokol sehingga menjadi tangungjawab Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta. Sehingga, upaya yang dilakukan LMK adalah melaporkan masalah tersebut ke pihak kelurahan untuk diajukan ke instansi terkait.

LEWAT MUSRENBANG
Sedangkan genangan air di Jalan Pembangunan III, akibat saluran air dari Jalan Alaydrus ke lokasi tersebut terputus, sehingga tidak bisa berjalan lancar. “LMK tidak mampu menangani saluran tersebut, karena menjadi kewenangan Sudin PU Tata Air,” jelas Ramli.

Namun, LMK akan berusaha mencarikan jalan keluarnya dengan mengajukan masalah tersebut sebagai usulan program dalam pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tahun 2012. “Kami akan ajukan masalah tersebut dalam musrenbang, agar langsung ditangani oleh isntansi terkait,” jelasnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s