Jalan Tol Jakarta Cikampek Putus Total Karena Demo Buruh

Putusnya Tol Cikampek akibat diblokir massa buruh menimbulkan kemacetan di sejumlah ruas jalan. Tidak hanya di Tol Cikampek dan sekitarnya, dampak kemacetan juga terjadi di Puncak, Bogor, Jawa Barat.

“Dari pertigaan Gadog, kendaraan sudah berhenti,” Hardanto, Direktur Bisnis Kompas, melaporkan lewat telepon, Jumat (27/1/2012) sore. Hardanto terpaksa memilih jalur Puncak untuk menuju ke Bandung karena tidak bisa melalui Tol Cipularang.

Ia mengatakan, kemacetan panjang terasa sepanjang jalur Puncak menuju Bandung. Akibatnya, perjalanan dari Jakarta ke Bandung harus ditempuh lebih lama dari biasanya.

“Tadi berangkat dari Jakarta pukul 12.00, sampai di Cipanas pukul 16.00. Biasanya paling cuma dua jam,” ujar Hardanto. Saat berita ini ditulis, ia sudah sampai di Cianjur, dan arus lalu lintas kembali lancar.

Hingga sore ini, pintu Tol Bekasi Timur dari arah Jakarta masih ditutup akibat demo buruh di Cikarang. Tol Cikampek arah Jakarta di KM 13 Bekasi Barat menjadi buntut kemacetan di tol arah Jakarta.

Kendaraan dari arah Jakarta keluar di Tol Bekasi Barat memasuki jalan utama Kota Bekasi. Kemacetan terjadi di simpang Rawa Panjang, Jalan Cut Meutiah, Terminal Bus Kota Bekasi, simpang Bulak Kapal menuju Tambun dan Cibitung.

Warga kesulitan mendapat angkutan umum ke Jakarta lantaran angkutan umum dari Jakarta terjebak kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek. Antrean juga terjadi di Tol Cikunir menuju Tol Jakarta-Cikampek. Buntut kemacetan mulai dari KM 41+200 gerbang Tol Jatiasih 1.

Seperti diberitakan, para buruh di Bekasi hari ini kembali menggelar unjuk rasa menolak putusan PTUN Jabar yang mengizinkan sebagian permohonan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) tentang upah minimum kabupaten/kota (UMK), khususnya UMK Kabupaten Bekasi. Putusan dibacakan kemarin.

Sebelumnya, berhari-hari para buruh di Bekasi sudah turun ke jalan dan beberapa kali memblokir Tol Jakarta-Cikampek. Ketika itu, mereka menuntut agar Apindo mencabut gugatannya ke PTUN soal UMK itu.

Unjuk rasa buruh pabrik di Bekasi, Jawa Barat, berlangsung di lima titik, Jumat (27/1/2012). Lokasinya meliputi Jalan Teuku Umar, Jababeka 1, Hyundai, Ejiep, dan MM2100.

Kondisi ini menyebabkan lumpuhnya transportasi yang mengambil jalur melalui Cikarang Barat. Termasuk tertutupnya akses Tol Cibitung dan Cikarang Barat.

Di Jalan Teuku Umar, misalnya, seluruh transportasi macet total, tidak bergerak sama sekali. Diperkirakan unjuk rasa akan berlangsung hingga sore.

Unjuk rasa diisi dengan orasi dan bernyanyi bersama. Aksi tersebut menuntut agar Apindo Jawa Barat menarik kembali gugatannya soal penyesuaian upah minimum tahun 2012.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s