Categories
Korupsi Mafia Pajak

Para Pelaku Korupsi Harus Dimiskinkan Dan Disita Habis Semua Assetnya


Jika masa tahanan kerap dianggap ringan, pemiskinan menjadi alternatif hukuman yang menjerat para koruptor. Wakil Sekretaris Jenderal Transparency International Indonesia (TII) Luky Djani menyatakan sudah saatnya para penegak hukum mampu menggunakan instrumen hukum yang ada untuk memiskinkan koruptor.

“Jadi tidak hanya mendapatkan hukuman maksimal, tetapi juga dimiskinkan,” kata Luky dalam diskusi polemik bertema “Pembajak Pajak” di Warung Daun Cikini, Sabtu, 3 Maret 2012.

Menurut dia, upaya memiskinkan koruptor bisa dilakukan dengan membebankan denda maksimal terhadap pelaku. “Sudah ada aturan yang bisa memberikan hukuman denda empat kali (lipat) dari nilai kerugian negara seperti yang diatur dalam UU Pajak,” katanya.

Selain itu, Luky juga menekankan pentingnya penanganan terhadap wajib pajak yang terlibat dalam kasus pajak. Luky mencontohkan kasus Gayus Tambunan yang sampai saat ini belum menyentuh perusahaan-perusahaan yang “dibantunya”.

“Pengguna jasa Gayus harus ditindak juga. Dalam kasus itu, sudah disebutkan perusahaan-perusahaannya, bisa juga melibatkan tokoh besar. Bisa saja dijerat tindakan korupsi atau pelanggaran UU Pajak,” katanya.

Ekonom The Indonesia Economic Intelligence, Sunarsip, menambahkan, untuk bisa menjerat para pelanggar pajak juga koruptor, regulasi yang ada harus diperkuat. “Karena bisa saja terjadi penghindaran pajak yang kemudian dibenarkan undang-undang,” katanya. Dia juga menyoroti pengawasan internal Direktorat Jenderal Pajak yang bisa lebih dimaksimalkan terhadap para petugasnya.

1 reply on “Para Pelaku Korupsi Harus Dimiskinkan Dan Disita Habis Semua Assetnya”

Betul pr koruptor dimiskinkan sita semua kekayaan tinggalin baju yg di pakai aja setelah itu gantung di tengah alun2 sampai mampus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s