Pemutaran Film Perdana Batman The Dark Knight Rises Telan 14 Korban Jiwa


Sebanyak 14 orang tewas dan 50 lainnya luka-luka akibat tembakan jarak dekat yang dilepaskan pria bertopeng kala pemutaran perdana film Batman di Teater Film Century Aurora 16, Denver, Colorado, Amerika Serikat. Tragedi itu terjadi pada Jumat, 20 Juli 2012, waktu film Batman: The Dark Knight Rises diputar pada jam tengah malam.

Kata seorang saksi mata, waktu Batman muncul di layar, tiba-tiba saja muncul lelaki berbaju besi dengan masker gas air mata yang menutup mukanya. Dengan satu senapan laras panjang, pria itu menghadap ke arah penonton dan memberondong mereka dari jarak dekat.

“Akibatnya, seorang bayi,beberapa penonton cilik, dan remaja menjadi korban,” kata kepala kepolisian Daniel J. Oates.

Dari 14 orang yang meninggal, kata Oates, sebanyak 10 korban tewas di tempat. Sedangkan empat lainnya menghembuskan napas terakhir di rumah sakit.

Menurut kantor berita 9News, si pelaku memasuki bioskop beberapa menit setelah film dimulai. Waktu itu, penonton mendengar suara berdesis dan asap. Kemudian terdengar suara berondongan peluru.

Oates menjelaskan, polisi menangkap pelaku yang tengah berdiri di depan teater sambil membawa senapan dan pistol. “Selain senapan di tangan pelaku, kamu menemukan dua senjata di mobil penembak yang terparkir tak jauh dari bioskop,” ujarnya.

Tiga orang warga negara Indonesia menjadi korban penembakan pada pemutaran perdana film The Dark Night Rises di Denver, Colorado, Amerika Serikat.

Mereka adalah Anggiat M. Situmeang, 45 tahun; istrinya Rita Paulina Situmeang, 45 tahun; dan putra mereka Prodeo Et Patria Situmeang, 15 tahun.

Konsul Protokol dan Konsuler Konsulat Jenderal RI di Los Angeles, Sri Wahyuni mengatakan Rita mengalami luka paling parah. Ibu satu anak ini menderita luka tembakan di lengan kiri dan kaki kiri hingga retak pada tulang keringnya.

“Saat ini Rita di rawat di Rumah Sakit Denver Health Medical Center,” kata Sri kepada Tempo, Sabtu, 21 Juli 2012.

Sementara suaminya, Anggiat menderita luka memar di mata sebelah kiri akibat serpihan dinding yang terkena tembakan peluru. Ketika itu, ia hendak menyelamatkan diri dengan berlari menuju pintu keluar.

Anggiat tengah menemani Rita di ruang rawat inap di rumah sakit yang sama. Sedangkan putra pasangan ini, Prodeo masih dirawat di Rumah Sakit University of Colorado dan dilaporkan berada dalam keadaan stabil. Prodeo menderita luka tembak di punggung bawah sebelah kiri.

Tak disangka pemutaran sekuel film Batman yang memperoleh animo besar masyarakat akan cerita kepahlawanan ini berubah menjadi arena pembunuhan yang mencekam dan menakutkan.

Polisi menetapkan James Eagan Holmes, 24 tahun, sebagai tersangka utama peristiwa penembakan tersebut. Ironisnya, pelaku pembunuhan tunggal ini adalah mahasiswa yang dikenal cerdas dan berprestasi. Dia adalah peserta progam Doctoral di University of Colorado School of Medicine di Aurora. Menurut saksi mata, James melemparkan 2 tabung gas air mata ke kerumunan penonton yang sudah duduk di dalam bioskop.

Sri Wahyuni menjelaskan para saksi korban mengaku James mulai menembak setelah gas keluar dan asap mendesis. Pertama-tama, James menembakkan senjatanya ke atas kemudian mulailah peluru-peluru itu berjatuhan dari atas menimpa para penonton. Sontak suasana gelap dan keributan terjadi.

Para penonton berlarian menyelamatkan diri lewat pintu keluar. Di saat itulah peluru-peluru nyasar mulai menyerbu mereka. Ketika ditangkap, James yang pada waktu itu memakai pakaian hitam anti peluru, berhelm dan jaket anti peluru, serta masker anti gas dan sarung tangan hitam, hanya mengatakan pada polisi yang menangkap bahwa dia hanyalah “the joker”, tukang bercanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s