16 Musisi Ramaikan Ramadhan Jazz Festival


Sebanyak 16 musisi jazz Indonesia akan mengisi Ramadhan Jazz Festival yang akan diselenggarakan 27-28 Juli mendatang di Masjid Cut Meutia, Jakarta.

“Beberapa musisi jazz yang akan mengisi acara ini adalah Dwiki Dharmawan, Idang Rasjidi dan Tompi,” kata ketua panitia Ramadan Jazz Festival, Andhika Mauludi di Jakarta, Kamis.

Andhika mengatakan pagelaran jazz bernuansa islami seperti RJF merupakan satu-satunya di Indonesia. Untuk itu dia berharap banyak penonton yang hadir dalam festival tersebut.

Menurutnya festival ini bukan hanya menampilkan pagelaran musik saja, tetapi juga ada nilai sosialnya yaitu penonton tidak perlu membayar untuk menonton tapi hanya membawa buku bacaan untuk disumbangkan ke Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Buku-buku itu akan disumbangkan ke NTT daerah Adonara dan Atambua, karena daerah itu masih tertinggal,” katanya.

Wakil ketua Remaja Islam Masjid Cut Meutia, Andi Ramadhan mengatakan “entry point” festival ini ingin menarik para remaja untuk kembali ke masjid. Karena menurutnya, masjid bukan hanya digunakan sebagai tempat ibadah semat, tetapi digunakan untuk aktivitas sosial.

“Selama ini pandangan masyarakat melihat remaja masjid hanya melakukan tilawah, kami ingin merubah itu,” kata Andi.

Hari pertama festival ini akan dibuka Gubernur Gubernur Jakarta, Fauzi Bowo. Hari kedua akan dibuka pembina RICMA, Wiranto.

Namun Andi menampik ajang ini dijadikan sebagai alat politisasi. Menurutnya, festival ini bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi DKI Jakarta.

Direktur Wartajazz, Agus Setiawan mengatakan, setiap musisi yang tampil diberikan waktu 15-30 menit untuk menyanyikan lagu jazz. Selain itu menurutnya para musisi jazz itu dijadwalkan akan membawakan sebuah lagu bertema religi yang dibalut musik bernuansa jazz.

Menurutnya, diharapkan penonton menjadi terinspirasi dalam kegiatan RJF ini.

Acara ini merupakan kerjasama antara Wartajazz dengan Ricma. Festival ini merupakan kali kedua diselenggarakan, setelah sebelumnya diselenggarakan di tempat yang sama tahun 2011.

Acara ini akan dilaksanakan selama dua hari, yaitu 27-28 Juli 2012 yang dimulai pukul 21.00 hingga 01.00 WIB.

Para musisi jazz yang akan hadir antara lain, Dwiki Dharmawan, Idang Rasjidi, Endah n Rhasa, Tompi, Ari Pramundito, Payung Teduh, Barry Likumahuwa Project, Jilly Likumahuwa and her Banda Ra-Ma.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s