Ribuan Orang Kunjungi Pantai Pakis Jaya Karawang Untuk Saksikan Ikan Paus Yang Terdampar


Seekor paus berbobot 2 ton terdampar di perairan Pakis Jaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Warga di kawasan itu berkerumun di pantai itu untuk melihat mamalia tersebut.

“Banyak yang berkerumun, kalau dari pagi sudah ada seribu orang yang ke sini,” kata Iben, Koordinator Satwa Liar Jakarta Animal Aid Network (JAAN) kepada detikcom, Kamis (26/7/2012).

Iben mengatakan, warga terus berdatangan ke lokasi penemuan paus itu. Sebagian menaiki kapal untuk mendekati hewan raksasa itu. “Banyak juga yang mendekati paus itu,” katanya.

Iben dkk akan mencoba menarik paus tersebut ke perairan yang lebih dalam dengan menggunakan perahu-perahu nelayan. “Kita akan coba langkah ini,” katanya.

Paus tersebut terdampar di perairan dangkal di perairan Pakis Jaya pada Rabu kemarin. Saat ini punggung hewan itu mulai terluka akibat teriknya sinar matahari sehingga Iben dkk mengolesinya dengan pelembab.

Seekor paus berbobot 2 ton terdampar di perairan dangkal di Pakis Jaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Paus ini terdampar di perairan ini sejak Rabu (25/7) kemarin.

“Kita dapat informasi ada paus yang terdampar kemarin sekitar pukul 14.00 WIB,” kata Iben, Koordinator Satwa Liar Jakarta Animal Aid Network (JAAN) kepada detikcom, Kamis (26/7/2012).

Iben mengatakan, 12 anggota JAAN dibantu dengan personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) kemudian mendatangi lokasi itu dan mendapatkan paus dengan panjang 12 meter terdampar di dekat pantai.

“Saat ini paus itu masih hidup, namun kondisinya lemah,” katanya.

Iben mengatakan, saat ini punggung paus itu mulai rusak akibat sengatan panas matahari. Anggota JAAN kemudian mencoba mengoleskan pelembab di punggung ikan itu.

“Kita coba oleskan pelembab ke tubuh ikan itu karena lautnya saat ini sedang surut,” katanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s