Ratusan Massa Mengamuk Membakar Mobil Di Tol Jatibening Dalam Aksi Protes Penutupan Rest Area Milik Jasa Marga


Massa yang beraksi di Tol Jatibening semakin beringas. Belasan polisi anti huru-hara yang berada di lokasi belum mampu membubarkan massa.

Sekitar pukul 07.00 WIB, Jumat (27/7/2012), massa terus bertambah hingga mencapai seratusan orang di jalan tol Jatibening. Belasan pasukan antihuru-hara dengan menggunakan sepeda motor tampak berada di lokasi dan beberapa mobil patroli jalan raya.

Massa bahkan mencoba mengejar dan membakar mobil patroli polisi sebelum akhirnya ditenangkan oleh koordinator aksinya. Massa juga sempat mengurung seorang polisi yang hendak memadamkan api yang membakar sebuah ban.

Warga juga menutup akses luar tol menuju ke dalam tol Jatibening dengan memasang sebuah mobil kontainer di tengah jalan. Kemacetan kendaraan sepanjang 10 kilometer terjadi di pintu Tol Jatibening hingga tol Karawang juga tidak terhindarkan.

Lalu lintas arus kendaraan sepanjang 500 meter juga tertahan sebelum pintu tol Jatibening yang menuju arah Jakarta. Ratusan orang pengendara yang tertahan akibat aksi bakar ban dan pemblokiran jalan tol Jatibening tumpah ke jalan untuk menyaksikan demonstrasi itu. Aksi pemblokiran warga dimulai sejak pukul 05.30 WIB.

Massa yang beraksi di Tol Jatibening semakin beringas. Mobil mililk PT Jasa Marga dibakar. Kemacetan pun terjadi hingga 8 kilometer.

Dillah, petugas informasi tol Jasa Marga menerangkan, aksi massa berlangsung di Km 8 tol Jatibening arah Jakarta dan sebaliknya. Kepadatan saat ini mulai terlihat hingga Km 16.

“Petugas sudah berada di lokasi, kendaraan mulai berhenti, tak bisa gerak. Ke arah sebaliknya kosong karena sudah ditutup,” kata Dillah, kepada detikcom, Jumat (27/7/2012).

Berdasar pantauan CCTV di lokasi, Dillah melihat ada aksi bakar-bakaran. Diduga mobil yang dibakar adalah mobil milik PT Jasa Marga.

“Sepertinya mobil, asapnya tinggi,” ujarnya. Pembaca detikcom yang melintas di lokasi, Jaka, juga melihat ada mobil yang terbakar. “Tapi saya nggak tahu ada korban atau tidak,” terangnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, aksi massa ini dipicu karena Jasa Marga menutup terminal bayangan di Tol Jatibening. Jasa Marga menutup pagar dan akses warga menuju dalam tol karena dianggap bikin macet. Namun mereka kecewa dan mulai aksi pemblokiran sejak pukul 05.30 WIB.

Mobil pick up milik PT Jasa Marga dibakar massa yang menggelar aksi di tol Jatibening. Kondisi mobil hangus tak bersisa. Informasi yang dihimpun detikcom di lokasi, Jumat (27/7/2012) mobil dibakar oleh puluhan massa sekitar pukul 05.30 WIB. Mobil itu tak terlihat lagi pelat nomornya karena sudah hangus.

Di dalam mobil ada genset yang terlihat terbakar. Ada rambu lalu lintas dilarang berhenti yang teronggok di atasnya. Belum diketahui nasib sang sopir atau petugas yang mengendarainya. Sementara situasi di lokasi hingga pukul 07.00 WIB masih lumpuh. Arus lalu lintas dari arah Cikampek maupun sebaliknya menuju Jakarta macet. Kendaraan tak bergerak. Para pendemo saat ini masih berdialog dengan petugas kepolisian dan Kodim setempat.

Massa yang beraksi di Tol Jatibening adalah puluhan tukang ojek yang menolak penutupan rest area Jatibening oleh PT Jasa Marga. Kemacetan di tol Jatibening mencapai 10 kilometer.

Dari pantuan detikcom, Jumat (26/7/2012), terlihat sekitar 80 orang tukang ojek duduk di tengah jalan tol sambil membakar ban. Mereka juga memasang sebuah spanduk bertuliskan ‘Kami Menolak Kebijakan Jasa Marga Menutup Rest Area Jatibening’.

Kemacetan kendaraan sepanjang 10 kilometer terjadi di pintu Tol Jatibening hingga tol Karawang juga tidak terhindarkan. Lalulintas arus kendaraan sepanjang 500 meter juga tertahan sebelum pintu tol Jatibening yang menuju arah Jakarta. Ratusan orang pengendara yang tertahan akibat aksi bakar ban dan pemblokiran jalan tol Jatibening tumpah ke jalan untuk menyaksikan demonstrasi itu. Aksi pemblokiran warga dimulai sejak pukul 05.30 WIB.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s