Categories
Lain Lain

150 Rumah Habis Terbakar Di Jalan Gotong Royong RT 01 RW 02 Pondok Bambu Duren Sawit


Kebakaran hebat melanda sebuah kompleks pembuatan mebel dan rumah warga di RT 01 RW 02, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (21/8/2012). Belum diketahui penyebab musibah tersebut, tetapi puluhan bangunan tampak habis dilalap si jago merah.

Berdasarkan informasi yang diperoleh di lapangan, api mulai berkobar sekitar pukul 12.30 WIB. Dengan cepat api melahap bangunan yang sebagian besar berbahan kayu. Baik pemilik maupun warga penghuni rumah pun langsung berhamburan keluar sambil menyelamatkan barang-barang berharga masing-masing. Meski demikian, belum dapat dipastikan dari mana asal api.

Hingga pukul 13.35 WIB, api pun masih berkobar hebat. Puluhan mobil pemadam kebakaran dibantu warga sekitar tampak berusaha memadamkan api yang masih berkobar. Sebanyak 150 bangunan yang terletak di Jalan Gotong Royong, RT 02 RW 02, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, ludes dilalap api, Selasa siang. Selain karena berbahan dasar kayu, api cepat merembet dan membesar karena kebanyakan bangunan ditinggal mudik oleh pemiliknya ke kampung halaman. “Orang-orang pada pulang kampung, cuma beberapa orang yang enggak. Ada kali sepuluh keluarga yang nggak pulang, mangkanya api cepat ngerembet,” ujar Sam Nuryanto (20) kepada Kompas.com di tenda pengungsian, Selasa (21/8/2012) malam.

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai pegawai salah satu bengkel mebel itu menambahkan, pemukiman padat penduduk tersebut mulai sepi ditinggal mudik satu minggu sebelum Lebaran. Meski demikian, menurutnya, masih ada beberapa orang yang berjaga di beberapa bengkel mebel. “Mereka pulang kampung. Ada yang pulang seminggu, ada yang tiga hari, ada juga yang pas malam takbiran. Sebagian sudah dikabarin, tapi ada yang belum,” lanjutnya. Sekitar 140 Kepala Keluarga (KK), penghuni pemukiman padat penduduk tersebut, hampir sebagian besar menggantungkan hidup sebagai pegawai mebel. Sisanya, ada yang menjadi pengumpul barang-barang bekas, pedagang, buruh cuci dan pengusaha konveksi.

Kini, setelah seluruh tempat tinggal warga habis dilalap api, korban yang berada di lokasi saat kejadian, tinggal di dua tenda pengungsian. Dengan beralaskan terpal, pengungsi tampak terbatas melakukan aktivitas. Para pengungsi menunggu bantuan yang telah terkumpul di posko logistik. Bantuan itu sendiri selanjutnya akan disalurkan pada tiap korban. Berdasarkan catatan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta, 150 bangunan tersebut berdiri di lahan seluas 9000 meter persegi. Lokasi kebakaran itu sendiri berada menjorok ke dalam, sejauh 100 meter dari Jl. Pahlawan Revolusi, Duren Sawit, Jakarta Timur. Musibah itu diperkirakan menelan rugi hingga milyaran rupiah.

Pemadam Kebakaran Jakarta Timur masih melakukan upaya pendinginan di lokasi kebakaran yang melanda ratusan bangunan pembuatan mebel dan kontrakan di RT 01 RW 02, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (21/8/2012) sore ini.

Sejauh ini, amukan si jago merah sudah bisa diredakan meskipun di beberapa lokasi masih terlihat bara api kecil yang menyala. Asap pun masih terlihat keluar dari puing-puing sisa bangunan yang terbakar. Beberapa warga terlihat di lokasi peristiwa naas itu. Kasi Operasi Damkar Jakarta Timur Idris DN yang ditemui di lokasi terjadinya kebakaran mengatakan, upaya pendinginan masih terus diupayakan oleh anggotanya. “Iya ini masih pendinginan. Kita masih jaga di sini,” kata Idris, Selasa (21/8/2012) sore.

Menurut dia, ketika terjadi kebakaran hebat tersebut, akses masuk di lokasi sempat menyulitkan pihaknya dalam upaya memadamkan api. Belum lagi, material bangunan yang terbuat dari bahan yang mudah terbakar. “Kesulitannya karena api sudah besar, lalu masuknya juga sulit. Laporannya juga terlambat. Di sini, kan, banyak home industry. Ada usaha mebel yang banyak kayu. Belum di sini juga ada tangki bahan bakar dari generator,” papar Idris.

Ada total 35 mobil Dinas Pemadam Kebakaran (DPK) yang dikerahkan. Dikatakannya, 150 bangunan ludes dalam peristiwa tersebut, yang kebanyakan home industry, dan tengah kosong ditinggal pulang mudik ke daerah oleh pemiliknya. Pantauan Kompas.com di lokasi pada pukul 18.20 WIB, masih ada bara api dan titik-titik api kecil. Banyak warga yang bukan dari lokasi tersebut masuk untuk sekadar melihat lokasi kebakaran tersebut. Sementara itu, di Jalan Pahlawan Revolusi, yang dekat dengan lokasi kebakaran, masih terlihat puluhan mobil DPK parkir. Sampai berita ini diturunkan, upaya pendinginan masih berlangsung.

Pasca musibah kebakaran yang melanda 150 bangunan di RT 02 RW 02, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, warga berinisiatif membuka posko bantuan. Berbagai jenis kebutuhan, mulai dari nasi bungkus hingga peralatan kebersihan, mulai berdatangan ke posko tersebut. Ahmad Sahil Hakim, Sekretaris RW 02, mengatakan, sejak peristiwa kebakaran, jumlah bantuan terus bertambah. Bantuan itu dikirim oleh warga RT dan RW sekitar, instansi pemerintah ataupun swasta. Sementara ini, pihak RW akan mengumpulkan bantuan tersebut untuk disalurkan langsung kepada korban. “Karena jumlah bantuan semakin banyak, untuk sementara kami tampung di sini dulu sebelum dibagikan. Karena korban masih terpencar, mengungsi ke tetangga atau keluarga,” ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (21/8/2012) malam.

Hingga pukul 19.10 WIB, pihaknya telah menerima sejumlah bantuan, yaitu 50 dus mi instan, 40 paket kebersihan (sabun mandi, sampo, pasta gigi, pembalut wanita, dan ember) dari PMI, 25 dus air mineral, empat karung beras, paket selimut (belum terhitung), 8 matras, 30 kantong plastik pakaian layak pakai dan uang Rp 650.000. Hingga berita ini diturunkan, bantuan terus berdatangan. “Kami masih menerima bantuan, meski belum diketahui apa yang menjadi kebutuhan korban. Karena korban masih mencari-mencari tempat tinggalnya,” lanjutnya.

Sebanyak 150 bangunan yang terdiri dari bengkel pembuatan mebel dan kontrakan warga ludes dilalap si jago merah, Selasa siang. Api yang berasal dari hubungan pendek arus listrik di salah satu rumah warga pun merembet menghanguskan bangunan yang berdiri di atas lahan seluas 9.000 meter persegi itu. Kerugian pun mencapai miliaran rupiah. Si jago merah melahap 150 bangunan di Jl Gotong Royong, RT 02 RW 02, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur. Akibat musibah tersebut, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Pemprov DKI Jakarta memperkirakan total kerugian mencapai miliaran rupiah.

“Kerugian cukup besar, diperkirakan miliaran rupiah. Karena itu isinya bengkel mebel, kayu jati, dan lainnya yang harganya mahal,” ujar Paimin Napitupulu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta, Selasa (21/8/2012) siang di lokasi kebakaran.

Berdasarkan catatan Paimin, lahan seluas 9.000 meter persegi tersebut diisi oleh sekitar 150 bangunan dengan 140 kepala keluarga. Bangunan tersebut difungsikan sebagian untuk kontrakan, sebagian lagi sebagai bengkel pembuatan mebel, seperti kursi dan meja dengan bahan dasar kayu. Tak hanya itu, di beberapa bagian lahan juga diisi beberapa pabrik konveksi. Menurut Amah (25), warga yang tinggal berjarak 10 meter dari titik api mengatakan, bengkel-bengkel pembuatan mebel tersebut bukan milik satu orang, melainkan banyak orang. Bahkan, ada satu bengkel yang dikelola oleh dua orang.

“Ada juga tukang bakso, pemulung, memang banyak yang tinggal di sana,” ujarnya. Paimin memastikan, api berasal dari hubungan pendek arus listrik di lantai dua rumah milik seorang warga di RT 02. Pemilik rumah diketahui tengah mudik ke kampung halaman dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

Percikan api tersebut jatuh ke sebuah wadah berisi cairan kimia yang mudah terbakar (tiner) dan serbuk kayu yang berserakan. Seorang anak kecil sempat melihat kobaran api tersebut. Ia kemudian memberitahukan orang-orang di sekitarnya. Sayang, belum sempat berbuat banyak, api langsung membesar dan merembet ke bangunan di sekitarnya yang seluruhnya semipermanen.

Sebanyak 35 mobil pemadam kebakaran dari seluruh wilayah di Jakarta pun dikerahkan untuk memadamkan api. Api diketahui berhasil dipadamkan sekitar pukul 16.00 WIB. Baik korban maupun warga sekitar yang takut rumahnya menjadi sasaran api tampak berada di sekitar lokasi sambil meratapi puing-puing sisa kebakaran.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta Paimin Napitupulu memastikan bahwa kebakaran ratusan rumah di Pondok Bambu, Jakarta Timur, Selasa (21/8/2012) siang, disebabkan hubungan pendek arus listrik. Api berasal dari sebuah rumah di RT 02 RW 02, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, yang dalam keadaan kosong.

“Kita dapat laporan pukul 12.15 WIB. Setelah kita himpun, penyebabnya akibat korsleting di sebuah rumah di RT 02. Percikan api itu jatuh mengenai tiner dan serbuk kayu,” ujarnya di lokasi kejadian, Selasa.

Hal tersebut sesuai dengan keterangan salah seorang warga bernama Awah (25). Wanita yang memiliki rumah sekitar 10 meter dari awal api berkobar tersebut mengatakan, sang pemilik rumah diketahui tengah mudik ke kampung halaman sehingga rumah ditinggal dalam keadaan kosong. “Ditinggal sama yang mudik, saya lupa nama pemilik rumahnya siapa. Api dari lantai dua bangunan, bangunannya memang tingkat dan atasnya memang terbuat dari kayu,” ujarnya.

Berdasarkan catatan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta, lahan seluas 9.000 meter persegi di lokasi kejadian itu terdiri dari sekitar 150 bangunan. Bangunan tersebut sebagian difungsikan untuk kontrakan, sebagian lain untuk bengkel mebel, seperti kursi dan meja dengan bahan dasar kayu.

Lokasi kebakaran itu menjorok ke dalam gang, kira-kira 100 meter dari Jalan Pahlawan Revolusi, Duren Sawit, Jakarta Timur. Hingga pukul 16.02 WIB, api sudah mulai dijinakkan. Sebanyak 35 mobil pemadam kebakaran dari lima wilayah di DKI Jakarta diterjunkan untuk memadamkan api. Kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Api yang melalap ratusan bangunan pembuat mebel dan kontrakan di RT 02 RW 02, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (21/8/2012) siang, masih berkobar hebat. Api melalap bangunan pembuatan mebel berbahan kayu dan ratusan kontrakan yang berdiri di tanah seluas 800 meter persegi.

Sementara tempat yang diduga menjadi asal api yang berkobar sekitar pukul 12.30 WIB itu kini tinggal tersisa puing-puing. Berdasarkan pantauan di lokasi, tempat yang terbakar masuk ke dalam sejauh 100 meter dari Jalan Pahlawan Revolusi, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Beberapa petugas pemadam kebakaran tampak memadamkan titik api yang masih tersisa. Sementara api tampak merembet ke bangunan di sekitarnya. Puluhan warga dan petugas pemadam kebakaran pun berusaha memadamkan api dengan air seadanya. Mereka tentu khawatir api akan merembet ke permukiman warga lainnya yang hanya berjarak beberapa meter dari kobaran api.

Warga yang memiliki rumah tak jauh dari kobaran api pun langsung berkemas dan menyiapkan barang-barang berharga mereka. Hingga pukul 14.15 WIB, belum diketahui penyebab pasti kebakaran tersebut, begitu juga jumlah kerugian yang disebabkan. Warga yang rumahnya habis dilalap si jago merah pun tampak mengungsi di pinggir jalan. Sementara warga lainnya menjadikan musibah tersebut sebagai tontonan.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta telah mengerahkan setidaknya 27 armada ke lokasi kebakaran di Rukun Warga (RW) W 2 Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (21/8/2012).

Kebakaran diketahui pukul 12.15 WIB, hingga kini belum bisa diatasi meski sudah 27 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi. Sumber api hingga kini juga belum bisa dipastikan, apakah dari rumah atau bangunan berupa gudang meubel, thinner, atau bengkel.

Hingga saat ini, sudah sekitar 100 bangunan ludes dilalap si jago merah, yang Apalagi di kawasa furnitur belum bisa dipastikan. Hingga kini, kebakaran yang meludeskan setidaknya 100 bangunan di kawasan pusat meubel di Jakarta Timur itu, belum bisa dikendalikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s