Daftar Harga Pulau Milik Pribadi Di Indonesia Yang Dijual


Pulau Gambar, Indonesia, menjadi salah satu pulau yang dijual dalam situs penjualan pulau pribadi dunia. Harga yang ditawarkan tergolong murah yakni USD 725 ribu atau setara dengan Rp 6,8 miliar (kurs Rp 9.500). Duh! Situs yang menawarkan pulau ini adalah http://www.privatesislandonline.com. Dalam informasi pennjualannya, pulau itu disebutkan berada di kawasan Laut Jawa dengan luas 2,2 hektar.

Pulau gambar dideskripsikan sebagai pulau unik yang masih ‘perawan’. Dengan pantai indah yang mengelilinginya, pulau ini layak dijadikan sebuah hunian pribadi. Air laut di sekitar pulau relatif tenang dan dangkal. Para pengunjung bisa menyelam, snorkelling dan memancing. Sejumlah ikan dan lobster bisa ditemukan di tepi pantai.

Sang pemilik pulau tidak hanya menawarkan pulau Gambar. Bila ada peminat, dia juga menawarkan pulau di sebelahnya, namun tak disebutkan nama pulau tersebut. Untuk pihak yang berminat, Pulau Gambar tidak hanya ditawarkan untuk dijual, namun juga diinvestasikan. Di mana lokasi pasti pulau tersebut? Tidak ada penjelasan rinci dalam situs penjualan selain menyebutkan di Laut Jawa. Namun dari pencarian google maps, terlihat pulau itu berada di sebelah barat daya pulau Kalimantan. Ada empat kali penerbangan dari Jakarta ke bandara terdekat dengan pulau itu. Sementara dari bandara butuh satu jam ke pulau.

Situs Asiaone ikut memberitakan soal penjualan ini. Media tersebut bahkan mengkategorikan penjualan pulau Gambar sebagai salah satu yang termurah karena ditawarkan di bawah USD 2 juta. Indonesia sudah lama melarang jual-beli pulau di Indonesia karena menyangkut kedaulatan negara. Pemerintah hanya memberi izin untuk menyewa demi kepentingan pariwisata.

Belum ada pihak pemerintah yang bisa dikonfirmasi mengenai hal ini.

Situs http://www.privatesislandonline.com tidak hanya memasang iklan penjualan pulau Gambar, Indonesia, saja. Namun ada juga iklan penjualan pulau Gili Nanggu di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pulau yang memiliki luas 4,99 hektar itu ditawarkan dengan harga Rp 9,9999,999,999. Lokasinya yang berada di laut Bali jadi daya jual tersendiri.

Menurut situs tersebut, pemilik pulau menawarkan Gili Nanggu dengan sejumlah fasilitas. Di antaranya 10 unit cottages, 7 unit bungalow, 1 unit restoran, mini bar, kamar, dan area pengembangbiakan kura-kura. Tidak disebutkan dengan jelas, siapa pemilik pulau itu sebelumnya. Termasuk apakah bisa juga disewakan atau sekadar menjual saham.

Indonesia sudah lama melarang jual-beli pulau di Indonesia karena menyangkut kedaulatan negara. Pemerintah hanya memberi izin untuk menyewa demi kepentingan pariwisata. Dua pulau di Indonesia masuk dalam situs penjualan pulau pribadi dunia. Ini bukan kali pertama, sebuah pulau ditawarkan secara terbuka. Bolehkah pulau-pulau kecil di Indonesia dijual?

Pada Rabu (5/9/2012), situs http://www.privatesislandonline.com menampilkan dua pulau Indonesia yang dijual. Pertama, pulau Gambar di barat daya Kalimantan, satu lagi pulau Gili Nanggu di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Harga Pulau Gambar adalah Rp 6,8 miliar. Sementara pulau Gili Nanggu ditawarkan dengan kisaran Rp 9,9 miliar.

Pada tahun 2009, ada tiga pulau di Kabupaten Kepulauan Mentawai yang ditawarkan di situs Privateislandonline.com, yakni Pulau Makaroni, Pulau Kandui dan Pulau Siloinak. Pada 2005, dua pulau diisukan dijual di situs internet, yaitu Pulau Kumbang dan Pulau Menyakan di Karimunjawa. Kemudian Pulau Panjang dan Meriam Besar di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dengan beberapa kejadian ini, pada tahun 2009, Direktur Pemberdayaan Pulau-pulau Kecil dan Terluar Departemen Kelautan dan Perikanan Toni Ruchimat pernah menyebut bahwa situs http://www.privatesislandonline.com kerap memberi informasi soal penjualan pulau.

Berdasarkan Undang Undang 27 tahun 2007 pulau-pulau adalah yang luas daratannya 2.000 KM persegi. Sedangkan, pulau kecil adalah yang daratannya masih terekspos ketika pasang air laut tinggi. Pulau itu tidak boleh untuk dijual dan tidak boleh dimiliki secara perseorangan.

“Pulau hanya boleh untuk dikelola. Jadi pulau-pulau kecil itu bisa dipakai untuk pelatihan, budidaya laut dan pariwisata. Yang diperbolehkan adalah menyewa pulau tapi ada aturannya, kalau tidak salah 20 tahun dan bisa perpanjang,” imbuhnya.

Advertisements

One response to “Daftar Harga Pulau Milik Pribadi Di Indonesia Yang Dijual

  1. indonesia negara korup bisanya cuma jual pulau .padahal kalo dikelola dgn baik pasti dpt mengundang banyak wisatawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s