Sidak Wakil Menteri Hukum dan HAM Deny Indrayana Ke Lapas Banjarmasin Ricuh dan Mendapat Perlawanan Dari Narapidana


Inspeksi mendadak (Sidak) yang dilakukan Wakil Menteri Hukum dan HAM Deny Indrayana di Lembaga Pemasyarakatan Teluk Dalam Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan, ricuh, Sabtu 22 September 2012. Denny diketahui datang berserta Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalsel ke Lapas Kelas IIA Banjarmasin.

Kronologi kejadiannya diawali pada saat Denny beserta rombongan, BNNP Kalsel memasuki Lapas yang didampingi Kakanwil Hukum dan HAM Kalsel, Budi Santoso, saat itu keadaan masih kondusif.

Beberapa saat setelah rombongan masuk, dan melakukan penggeledahan ke beberapa blok tahanan, tiba-tiba terjadi keributan dan suasana pun menjadi tidak terkendali lagi. Tidak diketahui secara pasti penyebab kericuhan.

Pada saat dilakukan penggeledahan tiba-tiba ada yang berteriak kemudian terjadi kericuhan, yang mengakibatkan beberapa narapidana mengamuk dan mengejar aparat yang melakukan penggeledahan.

Tidak ingin terjadi hal-hal yang buruk, seluruh aparat beserta wartawan lari menyelamatkan diri dari kejaran para narapidana. Begitu juga rombongan Wamenkumham serta dari BNNP, juga lari meninggalkan blok-blok yang mereka geledah.

Situasi semakin tidak terkendali, sehingga bunyi sirine dan lonceng tanda bahaya dan peringatan untuk para narapidana agar segera tenang, dibunyikan. Beruntung, aksi para narapidana tersebut bisa dihentikan oleh petugas Lapas dan mereka bisa kembali tenang, sementara, karena kondisi tidak memungkinan Sidak malam itu dihentikan.

Diduga kericuhan terjadi, karena beberapa narapidana melihat beberapa aparat kepolisian yang ikut melakukan penggeledahan tersebut, adalah petugas yang menangkap dan memenjarakan mereka.

Dari hasil inspeksi mendadak tersebut, ditemukan beberapa barang bukti di antaranya, tiga HP, satu buah tablet Samsung serta 1 paket shabu-shabu besarta alat hisap, dadu, dan brankas.Selain itu, juga ditemukana kartu remi yang didapat dari Blok C di Lapas Teluk Dalam Banjarmasin.

Inspeksi mendadak Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Denny Indrayana di Lembaga Pemasyarakatan Banjarmasin ricuh. Kehadiran Denny ditentang narapidana di sana. “Pada saat ditemukan barang bukti sebagian narapidana berteriak-teriak,” kata Denny ketika dihubungi oleh Tempo, Sabtu 22 September 2012.

Akibatnya, dua anggota Badan Narkotika Nasional Kota Banjarmasin terjatuh dan terluka. Namun Denny enggan mengatakan rombongan inspeksi mendadak yang dipimpinnya itu diserang. “Itu semua akibat dinamika yang terjadi di lapangan saja,” kata dia. Dua orang petugas tersebut terluka akibat insiden itu. “Cuma luka lecet karena jatuh saja,” kata Denny.

Dalam kunjungan mendadaknya, Denny menyita paket shabu, brankas, tiga buah telepon genggam termasuk sebuah Blackberry dan satu buah Galaxy Tab. “Para penghuni lapas melawan ketika sidak dilaksanakan,” kata Denny.

Namun Denny menegaskan, inspeksi mendadak pemberantasan narkotika itu tak lantas kendur. “Kami harus lebih keras lagi melakukan tindakan semacam ini,” kata dia.

One response to “Sidak Wakil Menteri Hukum dan HAM Deny Indrayana Ke Lapas Banjarmasin Ricuh dan Mendapat Perlawanan Dari Narapidana

  1. Tolong sidak ke lp tanjung gusta medan banyak tahanan koruptor pakai fasilitas komunikasi yang mewah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s