Categories
Pencinta Lingkungan

Habis Digusur Bangunan Liar Baru Muncul Di Waduk Pluit


Sejumlah bangunan baru berdiri di Kampung Taman Burung di sisi barat Waduk Pluit di Penjaringan, Jakarta Utara. Padahal, pemerintah telah merobohkan ratusan hunian dan merelokasi penghuninya, terutama di sisi barat bagian utara, serta berulang melarang pendirian bangunan di area waduk.

Pada Rabu (9/10/2013), petak-petak bangunan sudah setengah berdiri. Batu, pasir, dan bata ringan ditumpuk di tepi jalan inspeksi yang baru saja selesai dibangun. Belasan alat berat masih menderu untuk mengeruk endapan waduk.
Tak ada pekerja bangunan yang terlihat di beberapa bangunan baru itu pada Selasa siang. Satu dua pekerja menguruk lantai bangunan dengan karung-karung berisi tanah dan lumpur yang mengering.

Menurut Sangkala (35), warga Kampung Taman Burung, bangunan didirikan oleh beberapa warga yang sebelumnya tinggal di sisi utara waduk beberapa hari terakhir. Mereka pindah ke sisi barat dan mendirikan bangunan untuk dihuni atau dijadikan lokasi usaha.

“Kami belum tahu pemerintah akan meratakan bangunan di sini. Warga menduga di daerah ini aman (dari penggusuran). Namun, prinsipnya saya siap direlokasi, asal dapat tempat tinggal pengganti,” tambah Sangkala. Camat Penjaringan, Rusdiyanto menambahkan, pemerintah daerah telah berulang mengingatkan warga untuk tidak mendirikan bangunan di area Waduk Pluit, termasuk beberapa hunian dan warung di Taman Burung yang berdiri belakangan ini. “Kami informasikan cepat atau lambat bangunan akan ditertibkan karena kawasan akan ditata,” ujarnya.

Koordinator Normalisasi Waduk Pluit, Heryanto menyatakan, sekitar 250 bangunan di Kampung Taman Burung akan segera dibersihkan untuk melanjutkan penataan kawasan. Penghuninya ditawari pindah ke rumah susun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s