Rute Bus Kota Terintegrasi Busway Pantai Indah Kapuk Yang Diluncurkan Agar Ahok Mau Naik Angkutan Umum


Sejak Januari 2013, PNS DKI tidak boleh menggunakan kendaraan pribadi tiap Jumat di awal bulan. Setelah Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) rute PIK-Monas diluncurkan hari ini, apakah Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama akan beralih ke BKTB pada Jumat mendatang?

“Iya, nanti naik itu (BKTB),” kata pria yang akrab disapa Ahok ini di Balai Kota, Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakpus, Rabu (5/2/2014). Peraturan ini tertuang dalam Instruksi Gubernur DKI No 150 tahun 2013. Pada Jumat (3/1) atau hari pertama pemberlakuan Ingub ini, Ahok masih tetap menggunakan mobil dinas Land Cruiser hitam bernopol B 1966 RFR.

Ahok pernah mengatakan bahwa ia lebih memilih sewa taksi Alphard daripada naik angkot. Ketika disindir wartawan apakah ia yakin mau naik BKTB dan bukan taksi Alphard, suami Veronica Tan pun menjawabnya dengan candaan.

“Kalau taksi nanti marah, protes,” ujar Ahok sambil tertawa.

BKTB dengan rute PIK-Monas sudah diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo hari ini. Berikut rute BKTB:

Fresh Market Pluit – Ruko Cordova – RS PIK – Taman Suaka Margasatwa Angke – Jembatan M Angke – Green Bay/Bay Walk Pluit – Pantai Mutiara – SMKN 54 – Landmark – Pakin – Gedong Panjang – Museum Fatahillah – Kota – Harmoni – Monas – Balaikota – Gambir – Tugu Tani – Halte Telkom – Balaikota – Monas Harmoni – Kota – Jembatan Tiga – Bandengan Selatan – Penjaringan – Pantai Mutiara – Green Bay/Bay Walk Pluit – Jembatan M Angke – Taman Suaka Margasatwa Angke – RS PIK – Ruko Cordova – Fresh Market Pluit.

Tahun ini Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berjanji akan menghadirkan 346 bus kota terintegrasi busway (BKTB) dengan 20 rute di perumahan Jakarta. Namun operasi bus ini terkendala dengan jumlah pramudi yang terbatas.

“Kita akan meluncurkan 20 koridor baru lagi. Ini yang pertama. Totalnya ada 346 bus yang mau diluncurkan,” kata Jokowi usai meluncurkan armada BKTB PIK-Monas di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Rabu (5/2/2014). Seiring dengan penambahan armada, pihak TransJakarta yang mengelola bus ini juga memerlukan sopir untuk pengoperasian.

Jokowi mengakui masih kurangnya jumlah pramudi yang memenuhi syarat yang ditentukan. Karena bertanggung jawab membawa penumpang, seleksi pramudi ini harus dilakukan ketat. “SDM-nya kan juga butuh rekrutmen. Kalau rekrutmennya keliru, bahaya,” imbuhnya.

Berkendara sesuai aturan lalu lintas dan keselamatan penumpang menjadi syarat utama bagi pramudi BKTB “Yang utama ya yang nggak ugal-ugalan,” ujarnya. Sebanyak 18 bus BKTB jurusan PIK-Monas sudah diluncurkan hari ini. Armada ini memang diperuntukkan warga kelas menengah yang terbiasa menggunakan kendaraan pribadi. Ia percaya BKTB ini akan efektif mengurangi kemacetan di Jakarta.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s