Tips Liburan Nyaman Di Bali Saat Hari Raya Nyepi


Berencana untuk wisata di Bali saat Nyepi? Nyepi yang merupakan perayaan keagamaan umat Hindu Bali memang telah menjadi daya tarik tersendiri. Namun, ketahui beberapa aturan yang harus ditaati warga setempat ataupun pendatang, termasuk turis. Saat Nyepi, umat Hindu melakukan tapa brata penyepian atau empat pantangan.

Keempatnya yaitu amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), amati geni (tidak menyalakan api), dan amati lelanguan (tidak bersenang-senang). Aturan seperti amati lelungan paling terasa bagi turis. Sebab, pendatang sekalipun tidak diperkenankan untuk berjalan-jalan keluar dari penginapan saat Nyepi.

Selain itu, ada pecalang atau polisi adat yang akan mengawasi tertibnya pelaksanaan Nyepi. Nah, sebaiknya simak tips berikut berkaitan dengan wisata saat Nyepi. Nyepi selama 24 jam. Nyepi berlangsung selama 24 jam sejak matahari terbit atau biasanya dimulai pada pukul 06.00 pagi. Tapa brata penyepian selesai pada pukul 06.00 pagi keesokan harinya.

Pilih tiket pesawat sebelum atau sesudah Nyepi. Baik bandara maupun pelabuhan, apalagi terminal, semua libur. Jadi, jangan sampai Anda terjebak di bandara. Sebab, jika Anda sampai di bandara saat Nyepi, maka Anda tidak bisa keluar dari bandara dan terpaksa menginap di bandara.

Begitu pula saat Anda hendak keluar dari Bali, belilah tiket pesawat setelah hari Nyepi. Namun, biasanya saat Nyepi memang tidak tersedia tiket pesawat. Pihak Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Ngurah Rai akan menginformasikan ke maskapai dan biro perjalanan wisata jauh-jauh hari untuk disosialisasikan ke calon penumpang.

Jangan keluar dari tempat penginapan. Selama Nyepi, Anda tidak boleh keluar dari hotel tempat Anda menginap. Anda diperkenankan untuk berjalan-jalan di lingkungan hotel. Jadi, bukan berarti Anda harus di kamar terus. Ingat, jangan nekat bepergian bahkan datang ke pantai atau tempat umum lainnya. Akan selalu ada pecalang yang mengawasi. Sayangnya, ada saja turis yang nekat bepergian saat Nyepi. Jangan tiru perilaku seperti itu.

Jangan membuat keributan. Jaga ketenangan dan hindari keributan. Misalnya, film yang tengah Anda tonton di kamar hotel atau musik yang Anda dengar dalam volume tinggi. Sudah sejak lama hotel-hotel di Bali biasanya mengeluarkan paket promosi dengan harga spesial menjelang Nyepi. Harga tersebut biasanya berlaku untuk menginap saat Nyepi berlangsung.

Ini merupakan momen yang tepat untuk berlibur ke Bali. Selain tarif menginap di hotel yang cenderung lebih murah, suasana Bali juga relatif tidak terlalu padat turis seperti saat liburan akhir tahun. Namun perlu diingat, saat hari Nyepi yang tahun ini jatuh pada tanggal 31 Maret 2014, turis tidak boleh melakukan kegiatan di luar hotel. Jadi, selama 24 jam, turis harus berada di dalam hotel.

Bali akan menyepi, menghentikan segala aktivitas. Serta gelap di malam hari karena tidak boleh menyalakan lampu. Nah, sebelum memilih hotel mana yang cocok untuk Anda inapi untuk berlibur di Bali saat Nyepi, simak tips berikut.

Pilih daerah mana. Pertimbangkan daerah mana yang akan menjadi tempat Anda menginap. Apakah di selatan Bali seperti area Kuta-Legian, Seminyak, Jimbaran, Uluwatu, atau Nusa Dua? Bisa juga daerah barat Bali seperti Tabanan atau Negara. Pilihan bisa pula jatuh di timur Bali seperti kawasan tepi pantai wilayah Karangsem, misalnya Amed dan Tulamben. Atau, daerah Klungkung seperti Nusa Lembongan.

Utara Bali juga bisa menjadi alternatif, misalnya daerah Lovina di Buleleng. Daerah tengah seperti kawasan Danau Batur di Bangli dan Ubud di Gianyar. Cara menentukan daerah mana adalah dengan mempertimbangkan kondisi Bali seperti apa yang Anda cari. Jika senang keramaian, maka selatan Bali pilihan Anda seperti Restoran Sundara di Hotel Fourseasons Jimbaran Bali. Untuk mendapatkan suasana Bali yang masih tradisional, coba pilih di luar selatan Bali. Beberapa hotel dan resor di Karangasem dan Tabanan menawarkan suasana privat yang sepi. Begitu pula beberapa hotel di Ubud.

Promo paket Nyepi. Setiap hotel berbintang dan resor di Bali umumnya memiliki paket menginap dalam rangka Nyepi. Paket ini biasanya terdiri dari menginap selama dua malam, sarapan, makan siang, dan makan malam. Jangan kaget karena hotel mewah pun bisa memberikan harga spesial. Umumnya harga jadi lebih murah jika Anda memesan lebih dari dua malam. Bandingkan harga. Bandingkan harga paket menginap satu hotel dengan hotel lainnya. Terutama di satu kawasan yang Anda incar.

Cari tahu tambahan apa saja yang Anda peroleh dari paket tersebut. Harga paket bisa saja sama, namun beberapa hotel juga menambahkan fasiltas tertentu dalam paket tersebut, misalnya gratis pijat. Bandingkan pula harga paket hotel di suatu wilayah dengan wilayah lainnya. Kadang, hotel di luar selatan Bali menawarkan harga yang lebih murah.

Fasilitas hotel. Karena di hari Nyepi, Anda hanya berada di dalam hotel, cari tahu fasilitas apa saja yang tersedia. Misalnya spa, kelas yoga, kolam renang, pusat kebugaran, dan sebagainya. Untuk spa atau fasilitas lainnya yang harus membayar tambahan, tanyakan apakah ada diskon khusus. Kenali pula restoran yang tersedia di hotel tersebut.

Aktivitas di dalam hotel. Beberapa hotel biasanya menyediakan aneka aktivitas untuk tamunya selama Nyepi. Umumnya, hotel akan membuat acara menonton film bersama. Tanyakan apakah hotel yang Anda incar memiliki aktivitas semacam ini. Aktivitas lainnya misalnya kelas yoga dan meditasi. Banyak pula hotel yang memberikan aktivitas untuk anak-anak seperti kelas belajar menari atau kelas prakarya.

Gelap di malam hari. Karena di malam hari lampu tidak boleh dinyalakan, suasana hotel biasanya sangat gelap, terutama ketika harus berjalan di lingkungan hotel. Beberapa hotel bahkan harus membekali tamunya senter. Jika Anda termasuk yang takut gelap, sebaiknya tanyakan seberapa gelap kondisi hotel nantinya. Namun jika Anda tak masalah dengan kondisi ini, pilih hotel yang memiliki tipe kamar vila yang terkesan privat atau setiap kamar berjarak. Lalu pilih hotel tersebut berada di lingkungan yang masih asri seperti di tengah hutan layaknya beberapa hotel mewah di Ubud.

Nah, keluarlah di teras saat malam. Di saat langit cerah dan karena sekelilingnya begitu gelap, Anda akan takjub saat mendongak ke langit. Bintang-bintang tampak begitu banyak dan terlihat jelas. Nyalakan lampu hanya di kamar hotel. Saat malam hari, Anda boleh saja menyalakan lampu kamar hotel yang Anda tempati. Namun, jika kamar hotel tersebut memiliki balkon, jangan nyalakan lampu balkon.

Selain itu, nyalakan satu atau dua lampu kamar. Buat agar penerangan kamar temaram atau tidak terlalu terang. Tirai kamar juga harus tertutup rapat sehingga tidak ada sinar lampu yang tampak dari luar. Bila sakit. Jika Anda merasa sakit dan perlu konsultasi dokter, segera laporkan ke petugas hotel untuk menelepon rumah sakit terdekat. Nantinya, ambulans rumah sakit yang akan menjemput Anda. Sebab, kendaraan yang diperbolehkan bepergian selama Nyepi hanya ambulans.

Sopan saat prosesi upacara. Saat mengikuti berbagai prosesi upacara, berlakulah sopan. Misalnya, saat Melasti di pantai, jangan berjalan di depan rombongan umat. Ingatlah untuk jangan melangkahi sesajen yang baru saja dihaturkan. Ada baiknya mengenakan pakaian yang sopan. Siapkan perbekalan. Sebab, selama Nyepi, semua toko tutup, sebaiknya siapkan perbekalan Anda sehari sebelumnya. Beli obat-obat ringan yang bisa dibeli di minimarket atau warung. Obat-obatan misalnya obat sakit kepala, obat mag, obat diare, dan balsam.

Beli juga aneka camilan dan minuman. Ada baiknya Anda menginap di hotel yang telah menyediakan paket menginap sudah termasuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Dengan demikian, Anda tidak repot memikirkan akan makan apa pada siang dan malam hari.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s