Jalan Layang Khusus Busway Akan Dibangun


Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Muhammad Akbar mengatakan tahun ini pembangunan fisik dari jalan layang Transjakarta akan dimulai. Sekarang ini prosesnya sedang dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, kata dia. “Sementara ini di Dinas PU sudah ada anggaran untuk satu koridor,” kata Akbar di Balai Kota Jakarta, Selasa, 25 Maret 2014. “Sekarang sedang disiapkan dokumen lelangnya.”

Menurut Akbar, jalan layang bagi Transjakarta ini akan dibangun pertama kali untuk koridor 13 Ciledug-Blok M. “Panjangnya sekitar 20 kilometer, dengan tinggi sekitar 10 meter,” kata dia. Dia mengatakan, di jalan tersebut pun akan tersedia halte-halte pemberhentian yang akan dihubungkan dengan eskalator. Namun, Akbar tak mengetahui anggaran untuk pembangunan infrastruktur jalan layang tersebut. “Itu dilaksanakannya sama PU, kami yang akan mengoperasionalkannya nanti,” kata dia.

Ditargetkan pembangunan koridor tersebut bisa diselesaikan dalam waktu dua tahun, , kata Akbar. “Tahun 2016 sudah siap.” Pada tahun ini, Pemprov DKI Jakarta telah menjanjikan pembangunan tiga koridor baru Transjakarta. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan proses lelang sedang disiapkan dan pembangunan fisik akan segera dilakukan tahun ini dengan multiyears. Koridor tersebut adalah rute Ciledug-Blok M, Kalimalang-Blok M, dan Manggarai-Depok.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan pembangunan tiga koridor baru Transjakarta akan segera dilaksanakan. Saat ini pihaknya sedang mempersiapkan proses lelang bagi pembangunan infrastrukturnya. “Ini lagi proses, sebentar lagi,” kata pria yang akrab dipanggil Jokowi itu di Balai Kota, Senin, 24 Maret 2014.

Di lain pihak, menurut Jokowi, pengadaan busnya akan melalui sistem e-catalogue. “Kami lagi siapkan dengan LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah),” katanya. Sistem e-catalogue itu, menurut Jokowi, bisa memperjelas spesifikasi bus yang akan diadakan. Tahun ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merencanakan pembangunan tiga koridor Transjakarta yang baru. Koridor-koridor yang akan dibangun tersebut memiliki rute Ciledug-Blok M, Depok-Manggarai, dan Kalimalang-Blok M. Ditargetkan pembangunan fisik pun bisa dimulai tahun ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s