Liburan Panjang Nyepi … Tiket Pesawat dan Kereta Habis


Libur panjang menyambut hari raya Nyepi yang jatuh bersamaan dengan akhir pekan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bepergian ke luar kota. Akibatnya, maskapai penerbangan kebanjiran penumpang. Menurut juru bicara PT Garuda Indonesia, Pujobroto, tingkat okupansi atau keterisian penumpang pesawat maskapainya mencapai 100 persen. “Kali ini, lebih dari akhir pekan biasa, saat okupansi pesawat maksimal 80 persen,” kata dia, Sabtu, 29 Maret 2014.

Hal yang sama dialami Citilink, anak usaha Garuda dalam jasa penerbangan murah. Juru bicara Citilink, Benny Butar-butar mengatakan penumpang pesawatnya membludak dengan level okupansi di atas 85 persen. Selain pesawat, tiket kereta api dari Jakarta untuk tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur habis terjual. Juru bicara PT Kereta Api (KAI) Daerah Operasi I, Agus Komarudin, mengatakan rata-rata tiket terjual 100 persen mulai Jumat, 28 Maret, sampai Ahad, 30 Maret 2014. “Intinya perjalanan kereta api dari Jakarta menuju beberapa wilayah di Jawa Tengah dan Jawa Timur habis,”

Agus mengatakan, hingga kemarin sore, tiket kereta api untuk sejumlah daerah di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah tersebut telah terjual 25.821 lembar. Namun, untuk tujuan Jawa Barat seperti Bandung, masih tersisa sedikit. “Tiket ke Bandung masih ada 150 kursi,” ujarnya. Dalam sehari, pemberangkatan kereta dari Daop I ke Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur mencapai 56 perjalanan. “Itu semua kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi,” ujarnya.

Jelang perayaan Hari Raya Nyepi, tiket kereta api dari Jakarta untuk tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur habis terjual. Kepala Humas PT Kereta Api (KAI) Daop I Agus Komarudin mengatakan rata-rata tiket terjual 100 persen mulai Jumat, 28 Maret, sampai Ahad, 30 Maret 2014. “Intinya perjalanan kereta api dari Jakarta menuju beberapa wilayah di Jawa Tengah dan Jawa Timur habis terjual 100 persen,” kata Agus saat dihubungi, Sabtu, 29 Maret 2014.

Agus mengatakan, hingga kemarin sore, tiket kereta api untuk sejumlah daerah di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah tersebut telah terjual 25.821 lembar. Namun, untuk tujuan Jawa Barat seperti Bandung, masih tersisa sedikit. “Tiket ke Bandung itu posisi masih ada 150 seat,” ujarnya. Namun sebenarnya Agus agak ragu untuk mengatakan tiket habis terjual. Sebab, selain secara manual, penjualan tiket juga dilayani lewat online. Dengan demikian tak jarang, misalnya dua jam sebelum keberangkatan, ada penumpang yang membatalkan tiket. “Jadi kalau saya katakan habis, ya, relatif sebenarnya,” ujarnya.

Libur panjang menyambut hari raya Nyepi yang jatuh bersamaan dengan akhir pekan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bepergian ke luar kota. Akibatnya, maskapai penerbangan kebanjiran penumpang terutama untuk beberapa rute daerah wisata. Menurut juru bicara PT Garuda Indonesia, Pujobroto, jalur penerbangan yang cukup padat adalah dari Jakarta menuju Solo, Yogyakarta, Semarang, dan Bali. Pujo mengatakan tingkat keterisian pesawat (okupansi) untuk libur Nyepi kali ini mencapai 100 persen. Berbeda dengan momen liburan sebelumnya, saat okupansi mencapai 80-90 persen.

Maskapai penerbangan Citilink Indonesia juga melayani penumpang lebih banyak dari biasanya. Juru bicara Citilink, Benny Butarbutar mengatakan, okupansi pesawat dari Jakarta menuju Denpasar berada di atas 90 persen. Kota-kota tujuan favorit lainnya berada di Kalimantan, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi. “Hampir seluruh rute kami mengalami peningkatan di atas 80 persen,” ujarnya.

Kendati demikian, Benny mengatakan Citilink tidak menambah armada untuk melayani lonjakan penumpang. Sebab penumpang masih bisa diangkut dengan armada reguler. Selain pesawat, tiket kereta api dari Jakarta untuk tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur habis terjual. Juru bicara PT Kereta Api (KAI) Daerah Operasi I, Agus Komarudin, mengatakan rata-rata tiket terjual 100 persen mulai Jumat, 28 Maret, sampai Ahad, 30 Maret 2014. “Intinya perjalanan kereta api dari Jakarta menuju beberapa wilayah di Jawa Tengah dan Jawa Timur habis,”

Dalam sehari, pemberangkatan kereta dari Daop I ke Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur mencapai 56 perjalanan. “Itu semua kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi,” ujarnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s