Rumah Riset Jamu Teliti Jamu Untuk Obat Kanker


Rumah Riset Jamu di Karanganyar, Jawa Tengah, menyiapkan penelitian obat kanker wasir, mag, kegemukan, pegal linu, lancar air susu ibu, dan meningkatkan stamina, yang semua menggunakan bahan jamu.

“Satu formula butuh waktu sekitar setahun. Prosesnya bisa paralel dengan formula lainnya,” ujar Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional Kementerian Kesehatan, Indah Yuning Prapti, saat peresmian Rumah Riset Jamu, Kamis, 31 Januari 2013.

Kementerian Kesehatan mendirikan rumah riset jamu pertama di Indonesia di Karanganyar, Jawa Tengah. Peresmian rumah riset jamu dilakukan oleh Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi. “Formula jamu bisa mengurangi kerusakan hati atau ginjal yang diakibatkan obat-obatan kimia yang notabene impor,” katanya.

Dia mengakui masih banyak dokter yang tidak percaya jamu. Karena itu, butuh usaha untuk membuktikan bahwa secara ilmiah jamu bisa sama baiknya, atau bahkan lebih baik, daripada obat kimiawi. “Jika sudah terbukti, akan meningkatkan kepercayaan dokter, ilmuwan, dan masyarakat akan khasiat jamu,” katanya.

Dia berharap rumah riset jamu dapat menghasilkan jamu yang berkhasiat dan bermutu, menghasilkan jamu yang berasal dari tanaman obat berstandar, melakukan penelitian berdasarkan standar, dan mudah diakses masyarakat.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan, Trihono, mengatakan rumah riset jamu baru satu-satunya di Indonesia. Dalam setahun dia menargetkan ada empat formula yang diteliti. “Kami sudah meneliti empat formula jamu. Tapi baru dua yang sudah terbukti khasiatnya secara ilmiah, yaitu untuk obat tekanan darah tinggi dan asam urat,” katanya. Dua lainnya, obat diabetes dan kolesterol tinggi, terus disempurnakan. Selain untuk penelitian, rumah riset ini menyediakan sembilan kamar untuk rawat inap.

Ada 25 peneliti di rumah riset jamu dengan basis keilmuan mulai dokter, ahli biologi, ahli pertanian, dan apoteker. Ada juga lulusan pascasarjana kesehatan lingkungan untuk tanaman. Fasilitas yang dimiliki mulai benih hingga jadi jamu dan diresepkan ke masyarakat, yakni kebun tanaman obat, laboratorium penelitian, peresepan jamu, dan pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s