Keputusan PAN Untuk Berkoalisi Sudah Final


Partai Amanat Nasional (PAN) menjajaki koalisi dengan menyodorkan Hatta Rajasa sebagai cawapres kepada PDIP dan Gerindra. Wakil Ketua Umum PAN Dradjad Wibowo, mengatakan keputusan koalisi sudah hampir final, namun belum bisa diungkap partai yang dipilih PAN.

“Keputusannya sudah hampir final. Begitu final, akan segera diumumkan,” kata Wakil Ketua Umum PAN Dradjad Wibowo kepada detikcom, Selasa (15/4/2014).

Menurut Dradjad, pembicaraan koalisi sudah sangat matang. Tapi keputusan resmi tentang capres dan cawapres akan dibuat dalam Rakernas, karena ART menggariskan seperti itu. Rakernas adalah forum kedua tertinggi setelah Kongres PAN. Jadi bukan diputuskan MPP atau DPP.

“PAN sudah lama menjalin komunikasi dengan semua parpol, termasuk tentu saja PDIP, Golkar, Gerindra dan Partai Demokrat. Setelah pileg, komunikasi tersebut makin mengerucut kepada penyamaan visi, misi dan agenda, dan tentu saja siapa ‘calon pengantin’nya,” paparnya.

Soal pertimbangan koalisi, Dradjad mengatakan PAN untuk tahun 2014-2019 mengusung agenda Reformasi Gelombang Kedua, dengan fokus pada politik kemakmuran (kesejahteraan). Reformasi gelombang pertama sejak 1998 dianggap sudah menghasilkan stabilitas nasional dan pertumbuhan ekonomi.

Namun sisi pemerataan dan sustainabilitas masih tertinggal. Agenda PAN di bawah arahan Amien Rais dan kepemimpinan bang Hatta, ingin lebih mendorong pemerataan di segala bidang bagi rakyat Indonesia tersebut.

“Tokoh yang diberi amanat PAN dan Pak Amien mengusung agenda tersebut adalah bang Hatta. Rakernas PAN 2011 memutuskan bang Hatta maju sebagai capres, tapi suara PAN dalam Pileg belum cukup untuk menjadikan PAN sebagai lokomotif koalisi. Jadi PAN membuka peluang mengajukan bang Hatta sebagai cawapres untuk mengusung agenda Reformasi Gelombang Kedua tersebut,” paparnya.

“Partai apa dan siapa? Tunggu sampai nanti diumumkan Pak Amien dan Bang Hatta bersama-sama pasangan capres dan mitra koalisi,” imbuh Dradjad.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s