Mimpi Indah Jalur Busway TransJakarta Sampai Ke Bekasi


Rencana perpanjangan rute bus transjakarta, Pulogadung hingga Harapan Indah, Bekasi tampaknya masih belum akan terwujud dalam waktu dekat. Sebab, hingga kini, PT Transjakarta masih kekurangan jumlah bus. Kepala UP Transjakarta Pargaulan Butarbutar mengatakan, rencana perpanjangan trayek tersebut memang sudah ada sejak Desember 2012.

“Sekarang armada untuk koridor dua saja sangat kurang, kalau diteruskan hingga Bekasi otomatis jarak tempuh kendaraan akan sangat jauh,” ujar Pargaulan, Sabtu (19/4). Pargaulan mengatakan, halte untuk perpanjangan rute di Koridor II itu telah rampung pengerjaannya. Sedangkan untuk jalur, akan disiapkan jalur mix yang bisa dilintasi kendaraan lain. Hal ini dilakukan karena saat ini ruas jalan yang tersedia cukup kecil dan sempit.

Seharusnya, kata Pargaulan, rencana itu tidak akan terkendala jika penambahan armada sebanyak 310 unit cepat terealisasi. Ditambahkan Pargaulan, pihaknya juga akan terus melakukan penggantian armada bus transjakarta yang sudah tua secara bertahap.

Sebelumnya, saat masih menjabat sebagai kepala dinas perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono menyatakan perpanjangan jalur bus transjakarta sepanjang 7,6 kilometer ini memerlukan anggaran Rp 40 miliar. Kesediaan bus disesuaikan yang melintas di Koridor II dan Koridor IV.

Pada akhir Desember 2012, layanan bus transjakarta Koridor II (Harmoni-Pulogadung) dan Koridor IV (Dukuh Atas-Pulogadung) akan diperpanjang. Jika biasanya pemberhentian akhir ada di Pulogadung, nanti akan diperpanjang hingga kawasan Harapan Indah, Bekasi.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan bahwa pembangunan perpanjangan koridor bus transjakarta ke Harapan Indah ini dimulai tahun ini dan ditargetkan rampung pada akhir tahun. “Kalau biasanya berhenti di Pulogadung, ini akan dilanjutkan hingga Harapan Indah. Jadi masyarakat Bekasi akan lebih mudah,” kata Pristono di Balaikota Jakarta, Selasa (24/4/2012).

Dengan penambahan jalur, dibangun pula sembilan halte tambahan setelah Halte Pulogadung. Enam halte akan dibangun oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan tiga halte akan dibangun oleh pengembang Harapan Indah. “Saat ini, jalannya akan disiapkan, seperti halte busway lainnya. Nantinya perpanjangan jalur ini akan lewat Jalan Bekasi Raya,” jelas Pristono.

Untuk perpanjangan jalur bus transjakarta sepanjang 7,6 kilometer ini diperlukan anggaran sebesar Rp 40 miliar. Ketersediaan armada sesuai dengan armada yang melintas di Koridor II dan Koridor IV. Pada September ini, akan datang sebanyak 66 bus gandeng untuk Koridor I hingga Koridor VIII.

“Semua bus transjakarta akan dibuat gandeng. Perpanjangan ini juga dapat menjadi pilihan. Kalau mau yang langsung nyampe warga Bekasi bisa naik APTB (angkutan perbatasan terintegrasi busway, red). Kalau yang berhenti-berhenti bisa naik busway ini,” kata Pristono.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s