Warga Perumahan Taman Anyelir 3 Demo Karena Masalah Legalitas Surat Kepemilikan


Warga Perumahan Taman Anyelir 3, Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, akan segera melayangkan surat gugatan ke pihak pengembang perumahan serta perbankan yang berpartisipasi dalam pengadaan legalitas surat-surat kepemilikan.

Dalam orasi damai dengan menutup ruas utama masuk ke dalam komplek, ratusan orang sambil memajang spanduk besar sepanjang lima meter menutut legalitas surat-surat kepemilikan rumah di Perumahan Taman Anyelir 3.

Selaku Ketua Paguyuban Taman Anyelir 3, Ridwan mengatakan, pihak developer PT. SIP sebagai pengembang Perumahan Taman Anyelir 3 dari awal pemasaran di tahun 2010 bulan Januari sudah melakukan pembohongan ke pemilik rumah. Lantaran untuk keberadaan surat-surat rumah hingga sekarang tidak ada.

“Sebanyak 732 unit rumah dan hingga sampai bulan Maret 2014 tercatat ada 327 KK yang telah menghuni. Namun sebagian besar dari jumlah rumah yang sudah berdiri, tidak dilengkapi dengan AJB, IMB, serta Sertifikat,”ujarnya kepada wartawan di lokasi, Minggu (20/4) siang.

Ridwan mengatakan, upaya warga penghuni untuk memperjuangkan nasibnya. Diperjuangkan dengan beberapa kali melakukan aksi unjuk rasa damai ke pihak Developer, Pemda Depok, serta pihak Perbankan seperti BTN, BII, dan BRI. Namun dari aksi yang dilakukan belum begitu mendapatkan apresiasi yang baik.

“Beberapa blok yang belum mendapatkan IMB di Blok I2,3,4,5, J3, sebagian J4, Blok K dan N. Dijanjikan pihak pengembang izin keseluruhan baru keluar 28 Maret 2014, namun hingga saat ini masih belum ada kejelasan,”ungkapnya.
Sementara itu, Ketua RW 11, Akil mengatakan dari hasil akhir aksi demo yang dilakukan di Pemkot Depok, developer akan menyanggupi untuk memberikan covernote yang dijamin oleh para bank pemberi kredit untuk pembuatan IMB, AJB, Sertifikat SHGB, selesai pada bulan Mei 2015.

“Kesanggupan pihak Developer dengan bank pemberi kredit pada bulan Mei 2015 nanti, untuk semua pemilk rumah rumah di Perum Taman Anyelir 3, khususnya yang mempunyai kelengkapan legalistas surat-surat akan diadakan,”paparnya.
Jika saja di tahun yang telah dijanjikan masih belum ada kejelasan dan realisasi terhadap keberadaan legalitas. Seluruh warga dan penghuni di Perumahan Taman Anyelir 3 mengancam tidak akan membayar cicilan rumah.

Sedangkan Kuasa Hukum warga, Ridha Fhicry, SH menambahkan dalam waktu dekat ini pihaknya akan segera melakukan gugatan terhadap pihak pengembang serta peserta bank kredit untuk kejelasan legalitas surat-surat kepemilikan rumah.

“Bukti-bukti telah kita kumpulkan. Tinggal kita bawa ke pengadilan dan menunjukan saja, dan telah terjadi pelanggaran penipuan, pemerasan,”ujarya kepada Pos Kota yang tergabung dalam Fierma Sakti Aji & Asosiasion.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s