Cara Belajar Menjadi Solo Travelling


Solo traveling bisa jadi membosankan bahkan mengerikan. Namun, ketika Anda tahu bagaimana cara menikmatinya, solo traveling bisa menjadi salah satu pengalaman paling menyenangkan yang pernah Anda miliki. Berikut ini tujuh tips untuk mendapatkan pengalaman solo traveling yang menyenangkan, dilansir dari situs CNN Travel.

1. Cintai diri sendiri
Solo traveling akan membuat Anda semakin menyukai sang rekan perjalanan, yaitu diri Anda sendiri. Momen-momen saat solo traveling sangat tepat untuk mengenal diri sendiri secara lebih mendalam.

2. Saatnya menjadi egois
Saat solo traveling, Anda bisa memutuskan segalanya sesuai kemauan Anda, tanpa harus berkompromi dengan orang lain. Tidak akan ada yang melarang Anda untuk bepergian ke museum atau sekadar menikmati hiburan malam. Ini merupakan hal berharga yang akan membuat perjalanan Anda penuh kebebasan dan petualangan.

3. Percaya diri
Kunci utama dari solo traveling adalah selalu terlihat percaya diri, meski kenyataannya tidak selalu begitu. Jika Anda bingung arah dan ingin melihat peta atau buku panduan, menepilah di suatu tempat agar tidak terlalu menonjol.

4. Waspada terhadap bahaya
Bahaya bisa datang di mana saja, bahkan ketika Anda berada di rumah. Tempat asing sesungguhnya tidak selalu lebih berbahaya dibanding kampung halaman sendiri. Statistik menunjukkan hanya, sedikit traveler yang terkena insiden serius. Namun, sikap waspada tetap diperlukan untuk menghindari bahaya.

5. Luangkan waktu untuk makan malam di luar
Ide untuk menghabiskan makan malam sendirian mungkin mengerikan bagi sebagian orang. Hal terbaik dari meluangkan waktu untuk makan malam saat solo traveling adalah Anda bisa fokus pada piring di hadapan Anda sambil sibuk dengan pikiran sendiri. Kegiatan ini justru juga bisa menjadi ajang untuk mencari teman baru.

6. Jangan terlalu sibuk dengan media sosial
Dewasa ini, media sosial telah menjadi bagian dari keseharian masyarakat. Saat solo traveling, tahanlah sedikit keinginan untuk membagi segala cerita mengenai perjalanan solo Anda di media sosial. Fokuskan perhatian pada keadaan di sekitar Anda, dan nikmati suasananya. Dengan begitu, akan lebih banyak cerita yang dibawa pulang.

7. Lebih mahal dan lebih berharga
Solo traveling mungkin membutuhkan biaya yang lebih mahal. Tidak ada teman untuk berbagi biaya penginapan atau makanan. Namun, kesenangan yang didapatkan dengan memiliki waktu sendiri tanpa harus berkompromi dengan orang lain, itu lebih berharga dibanding jumlah uang yang Anda keluarkan selama solo traveling.

Berwisata seorang diri mungkin menakutkan bagi sebagian orang. Bagi sebagian lainnya, ini menjadi tantangan yang menarik untuk dicoba. Beberapa tempat tergolong aman untuk dikunjungi oleh solo traveler pemula, salah satunya Singapura.

Berikut beberapa alasan mengapa Singapura menjadi negara yang tepat bagi solo traveler pemula.

1. Salah satu negara teraman di dunia
Singapura merupakan salah satu negara dengan tingkat kriminalitas terendah di dunia. Jangan heran jika melihat warga lokal maupun turis bisa berjalan dengan santai tanpa terlalu memperhatikan barang bawaan mereka. Hal ini menjadikan Singapura sebagai destinasi yang aman bagi solo traveler. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk tetap waspada. Angka statistik yang rendah bukan berarti tidak terjadi tindak kejahatan sama sekali.

2. Sarana transportasi yang baik
Solo traveler tidak perlu takut tersesat atau bingung memikirkan sarana transportasi selama di Singapura. Negara ini memiliki sistem transportasi yang sangat bagus. Mass Rapid Transportation (MRT) menjadi sarana transportasi yang paling banyak digunakan. Selain karena menjangkau hampir seluruh wilayah di Singapura, MRT juga sangat tepat waktu dan mudah digunakan. Brosur yang memuat rute MRT bisa didapat secara gratis di pusat informasi turis. Sebelum sampai di Singapura pun, rute, tarif, dan lama perjalanan menggunakan MRT bisa diakses melalui situs resmi MRT. Hal ini memungkinkan solo traveler untuk menyiapkan rute dan estimasi biaya perjalanan sehingga tidak perlu bingung ketika sampai di Singapura. Selain MRT, terdapat pula sarana transportasi lainnya seperti bus kota dan taksi.

3. Bahasa bukan kendala
Jika tidak fasih berbahasa Inggris, bahasa Melayu adalah solusinya, mengingat sebagian dari warga Singapura merupakan etnis Melayu. Oleh karena itu, jangan ragu untuk bertanya jika bingung terhadap sesuatu.

4. Tersedia banyak backpacker hostel
Singapura tahu betul bahwa wisatawan yang berkunjung tidak selalu memiliki budget besar. Backpacker hostel merupakan solusi bagi solo traveler sehingga tidak perlu menyewa kamar hotel. Selain lebih murah dibanding hotel, backpacker hostel juga memberi kesempatan bagi solo traveler untuk berkenalan dan mendapat teman sesama wisatawan karena konsep sharing room yang digunakan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s