Hujan Es Landa Wilayah Kedoya dan Kebon Jeruk


180642_hujanesHujan deras yang mengguyur sebagian besar kawasan Jakarta tak hanya mengakibatkan pohon tumbang dan banjir di sejumlah kawasan. Hujan es sebesar kelereng rupanya terjadi di kawasan Jakarta Barat. Penampakan tersebut ditangkap oleh kamera pembaca bernama Jeftian, Selasa (22/4/2014). Hujan es itu terjadi di Jalan Perjuangan, tepatnya di Gang H. Amir, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Hujan es itu rupanya tak hanya disaksikan oleh Jeftian. Pembaca bernama Rista juga mengirimkan foto penampakan hujan es yang juga sebesar kelereng di kawasan Kedoya. Hingga saat ini kawasan Jakarta Barat masih diguyur hujan dengan intensitas sedang. Hujan dan angin kencang di kawasan Slipi membuat sebuah pohon tumbang. Sementara genangan air setinggi 20 cm memenuhi Jalan Kemandoran, Kemanggisan.

Hujan es mengguyur wilayah Kebon Jeruk, Jakarta Barat, tepatnya di Jl Perjuangan dekat RS Siloam. Berikut penampakan es yang turun bersama derasnya hujan. Berdasarkan foto yang dikirimkan Evryliana terlihat butiran es sebesar kelereng berwarna putih salju. Es tersebut dikumpulkan menjadi satu dan ditaruh di atas telapak tangan.

Evry mengatakan hujan es terjadi selama 30 menit. “Kita dengar suara bletak-bletok gitu, kirain bocor. Saat kita cek ternyata hujan es,” ucap Evry saat dihubungi detikcom, Selasa (22/4/2014). Es yang mengenai kaca jendela sempat membuat Evry dan teman-teman panik. Warga lainnya, Ristha yang tinggal di Kedoya, Jakbar, juga mengalami hal serupa. Ibu muda ini kaget mendengar bunyi berisik di genting rumahnya.

“Terasa ada bunyi, kirain apa gitu ya, ternyata ada es kayak kelereng di depan rumah,” ucapnya. Foto yang dikirimkan Ristha memperlihatkan butiran es sebesar kelereng berserakan di depan rumah. Hujan es terjadi sekitar pukul 16.30 WIB. Setengah jam kemudian hujan es reda dan berganti menjadi hujan air. Hingga pukul 17.30 WIB hujan deras masih mengguyur wilayah Kebon Jeruk.

Linimasa Twitter, Selasa (22/4/2014) sore ini, heboh dengan fenomena hujan es batu. Butiran es yang turun tampak berukuran besar dan ramai diperbincangkan. Akun Twitter Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta melaporkan bahwa di wilayah Kebon Jeruk dan sekitarnya terjadi hujan es disertai angin yang sangat kencang.

Penelusuran hujan es batu dilaporkan juga terjadi di sekitar wilayah Kemanggisan, Kembangan, Kedoya, dan Karawaci.

“Subhanallah… Jakarta Hujan es batu..baru pertama kali seumur hidup ngalamin. Segede es buat es teh…,”tulis pengguna Twitter dengan akun @Tiar_Chef.

“Panik banget waktu tadi mobil berasa ditimpukin. HUJAN ES. Tadi terik banget. Ya Tuhan ngeri banget…,”tulis pengguna Twitter @roxieve.

“Hujan es 😮 buat yang di jalan hati2 ya..lumayan gede soalnya..lebih baik menepi dulu aja..,”tulis pemilik akun @stella_scw.

Foto-foto es yang turun pun menyebar cepat di linimasa. Tidak hanya sebesar kerikil, beberapa orang bahkan mem-posting es yang seukuran bongkahan batu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s