Eko Patrio Kembali Terpilih Menjadi Anggota DPR Dari Partai Amanat Nasional


Terpilih kembali menjadi anggota DPR RI menjadi beban bagi Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio. Komedian yang menjadi caleg Partai Amanat Nasional itu memang dipastikan lolos ke Senayan setelah meraup sekitar 64 ribu suara di Daerah Pemilihan Jawa Timur 8 dan 133 ribu untuk suara partai.

“Alhamdulillah terpilih kembali. Ini jadi sekaligus amanah dari masyarakat di Dapil 8 buat saya,” kata Eko saat ditemui wartawan di sela-sela rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara anggota DPR RI, DPD, dan DPRD kabupaten/kota dan tingkat Provinsi Jawa Timur di Hotel Singgasana, Surabaya, Kamis, 24 April 2014.

Menurut Eko, terpilihnya kembali dirinya sebagai wakil rakyat selain karena keartisannya juga faktor kinerja selama lima tahun ini. Masyarakat, kata Eko, sudah mulai cerdas dan pintar memberikan punishment dan reward bagi anggota Dewan.

Sebagai legislator muka lama, Eko pun rajin bertandang ke daerah pemilihannya yang meliputi Kabupaten Jombang, Kabupaten Nganjuk, Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Kota Mojokerto, dan Kabupaten Mojokerto sejak 2010. Selain Eko, artis yang juga melenggang ke Senayan adalah Anang Hermansyah. Namun beberapa artis lain tidak seberuntung keduanya.

Eko menganggap hal itu dipengaruh beberapa faktor. Sering kali para artis caleg lebih dulu menjual ketenarannya baru menguasai persoalan di daerah pemilihan. “Mereka jual tenar dulu, sosialisasi, baru menguasai permasalahan di dapil. Ini terbalik,” kata Eko.

Sebelum mencalonkan diri, caleg harus memahami dulu daerah pemilihannya. Siapa yang disasar, isu yang ada di daerah, dan pemetaan permasalahan harus dikuasai oleh caleg tersebut. Dengan demikian, masyarakat akan mengetahui dan memahami calon legislator yang akan mewakili mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s