Pasar Senen Jakarta Ludes Terbakar


Api yang membakar kios di Blok 3 lantai 3 Pasar Senen masih membara. Suasana di lokasi pun begitu semrawut, banyak sekali pedagang yang pontang-panting mengeluarkan dagangannya. Pantauan di lokasi, Jumat (25/4/2014) pagi, terlihat dari pintu masuk sebelah barat, belasan pedagang terlihat keluar masuk komplek Pasar Senen. Mereka mengeluarkan dagangan yang mayoritas berjenis sayur-sayuran.

Padahal kios para pedagang itu, tidak dekat-dekat amat dengan lokasi kebakaran. “Kami takut merembet sampai di kios kami,” ujar seorang pedagang. Sayur-sayuran dan barang dagangan lain, diletakkan begitu saja di luar pasar. Banyak juga pedagang yang baru saja datang dan berteriak histeris, dan segera masuk ke kiosnya masing-masing untuk mengamankan barang dagangan. Sampai saat ini api masih menyala. Petugas pemadam kebakaran masih melakukan pemadaman.

Kebakaran yang melanda Blok 3 lantai 3 Pasar Senen, Jakpus masih belum berhasil dipadamkan. Makin siang, makin kelihatan asap yang membumbung tinggi di langit Senen. Pantauan di lokasi, Jumat (25/4/2014) asap hitam terlihat mengepul dari api di lantai 3. Lokasi kebakaran ditutup oleh petugas polisi. Pemadam kebakaran, dengan membawa selang air. Namun upaya pemadaman sampai saat ini belum berhasil.

Banyak pedagang dari blok lain, yang lokasinya tak begitu dekat dengan TKP kebakaran menerobos masuk untuk mengambil barang dagangannya. Mereka takut kebakaran semakin merembet. “Informasinya, dari toko kain. Jadi cepat menyebar,” ujar petugas kepolisian Briptu Triyanto. Kios yang ada di Blok 3 lantai 3 Pasar Senen terbakar dan api belum bisa dipadamkan hingga saat ini. Jl Stasiun Senen ditutup dan dilakukan pengalihan arus.

Jl Stasiun Senen yang memisahkan antara Pasar Senen dan Stasiun Senen ditutup sejak pukul 05.30 WIB pagi ini, Jumat (25/4/2014). Bagi para pengendara yang hendak menuju ke Jl Stasiun Senen dialihkan ke Jl Suprapto. Untuk mencapai lokasi kebakaran di Blok 3, akses jalan memang melalui Jl Stasiun Senen. Petugas polisi sesekali membolehkan pedagang yang hendak masuk, karena alasan ingin mengamankan barang dagangan mereka. Sampai saat ini api masih menyala. Petugas pemadam kebakaran dengan 15 unit Damkar masih melakukan pemadaman.

Kebakaran terjadi di Pasar Senen, Jakarta Pusat, pagi ini, Jumat, 25 April 2014. Lokasi kebakaran di Blok-3, Proyek Pasar Senen. Api melalap sebagian kios di pasar itu. Laporan dari TMC Polda Metro Jaya menyebutkan, kebakaran terjadi pada pukul 04.20 WIB. Suku dinas pemadam kebakaran Jakarta Pusat mengerahkan sebanyak 33 unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkam si jago merah. ”Kasih masih berusaha memadamkan api,” kata Maful Ashari, operator penerangan Sudin Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat, saat dihubungi, Jumat, 25 April 2014. ”Apinya masih berkobar sangat besar.”

Maful mengatakan, dari 33 unit mobil branwier yang diturunkan, 5 di antaranya menggunakan mobil pemadam bantuan dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur. Sedangkan, 5 unit lainnya merupakan kendaraan unit bantuan operasional. ”23 unit dari Dinas Jakarta Pusat,” katanya. Beruntung hingga saat ini belum ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. Penyebab kebakaran juga masih ditelaah tim penyelidik damkar. Untuk kerugian, Mafuh masih menunggu padamnya api. ”Nanti baru kemudian ditaksir seluruhnya.” ujar dia.

ebakaran terjadi di Pasar Senen, Jakarta Pusat, pagi ini, Jumat, 25 April 2014. Lokasi kebakaran di Blok-3, Proyek Pasar Senen. Api melalap sebagian kios di pasar itu. Laporan dari TMC Polda Metro Jaya menyebutkan, kebakaran terjadi pada pukul 04.20 WIB. Suku dinas pemadam kebakaran Jakarta Pusat mengerahkan sebanyak 33 unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkam si jago merah. Hingga saat ini, pukul 07.29 kebakaran masih berlangsung.

Maful Ashari, operator penerangan Sudin Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat, menjelaskan, dari 33 unit mobil branwier yang diturunkan, lima di antaranya menggunakan mobil pemadam bantuan dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur. Sedangkan, 5 unit lainnya merupakan kendaraan unit bantuan operasional. ”23 unit dari Dinas Jakarta Pusat,” katanya, Jumat 25 April 2014.

Kebakaran ini adalah kesekian kali terjadi di Jakarta. Pada Sabtu, 19 April 2014, kebakaran terjadi di kawasan Cipayung dan menewaskan tiga orang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s