Meski Masih Jauh Tiket Mudik Kereta Api Lebaran 2014 Telah Habis Terjual


Tiket kereta api untuk Hari Raya Idul Fitri 2014 dilaporkan ludes diserbu calon pemudik. Namun, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Hermanto Dwiatmoko mengimbau konsumen yang belum kebagian tiket untuk tenang. “Jangan khawatir karena itu masih tiket reguler. Nanti ada tiket khusus Lebaran,” kata dia, Sabtu, 26 April 2014. Hermanto mengatakan membeludaknya penumpang akan diantisipasi dengan pengoperasian gerbong tambahan. Namun, hingga saat ini pemerintah belum mengetahui jumlahnya. “Kami menunggu hasil perhitungan PT Kereta Api,” ujarnya.

Juru bicara PT Kereta Api Sugeng Priyono mengatakan perseroan akan menambah gerbong untuk angkutan Lebaran. Namun, hingga kini belum ada keputusan mengenai jumlah gerbong tambahan itu. Perseroan, kata dia, belum bisa memerinci jumlah tiket yang terjual. Sebab, sistem pembelian tiket secara online terus mengalami perubahan data. “Hanya diketahui, tiket yang paling banyak terjual untuk jurusan Jakarta-Surabaya, tetapi jumlahnya masih terus berubah-ubah,” katanya.

Berdasarkan pantauan di situs PT Kereta Api pada Sabtu, 26 April 2014, tiket kereta api untuk Hari Raya Idul Fitri 2014 dilaporkan ludes diserbu calon pemudik. Tiket untuk perjalanan dari Jakarta menuju beberapa kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur habis. Seluruh tiket pada H-3 Lebaran yang bertepatan dengan tanggal 25 Juli 2014 menuju Yogyakarta, Semarang, Kediri, dan Surabaya habis. Kolom pemesanan tiket di situs tersebut sudah dilabeli tulisan “habis” berwarna merah.

Tiket kereta api dari Jakarta ke Yogyakarta, contohnya, dari kelas eksekutif hingga ekonomi sudah habis terjual. Tiket seharga Rp 215.000 untuk kereta Senja Utama Yogya hingga tiket kereta eksekutif Gajayana yang dibanderol Rp 565.000 tak bersisa.

Tiket kereta api untuk Hari Raya Idul Fitri 2014 dilaporkan ludes diserbu calon pemudik. Berdasarkan situs PT Kereta Api pada Sabtu, 26 April 2014, tiket untuk perjalanan dari Jakarta menuju beberapa kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur telah habis. Seluruh tiket pada H-3 Lebaran yang bertepatan dengan 25 Juli 2014 menuju Yogyakarta, Semarang, Kediri, dan Surabaya habis. Kolom pemesanan tiket di situs tersebut sudah dilabeli tulisan “habis” berwarna merah.

Tiket kereta api dari Jakarta ke Yogyakarta, contohnya, dari kelas eksekutif hingga ekonomi sudah habis terjual. Tiket seharga Rp 215.000 untuk kereta Senja Utama Yogya hingga tiket kereta eksekutif Gajayana yang dibanderol Rp 565.000 tak bersisa. Ludesnya tiket jauh sebelum hari Lebaran terjadi setelah PT Kereta Api membuka kesempatan kepada calon pemudik untuk membeli tiket secara online. Pemesanan tiket dibuka 90 hari sebelum tanggal keberangkatan. Pertimbangannya agar calon pemudik tak perlu repot-repot mengantre di stasiun.

Juru bicara PT Kereta Api Sugeng Priyono mengatakan perseroan akan menambah gerbong untuk angkutan Lebaran. Namun, hingga kini belum ada keputusan mengenai jumlah gerbong tambahan itu. Perseroan, kata Sugeng, belum bisa memerinci jumlah tiket yang terjual. Sebab, sistem pembelian tiket secara online terus mengalami perubahan data. “Hanya diketahui tiket yang paling banyak terjual untuk jurusan Jakarta-Surabaya, tetapi jumlahnya masih terus berubah-ubah,” ujarnya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s