Perolehan Suara Turun Tajam PKS Lupakan Mimpi Untuk Ajukan Calon Presiden


Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan alias Aher mengatakan partainya bersikap realistis dengan tak menawarkan bakal calon presiden, melainkan calon wakil presiden dalam komunikasi koalisi antarpartai politik. Cawapres PKS, kata dia, adalah tiga tokoh yang diajukan sebagai peserta Pemilihan Raya atau pemilu internal PKS. “Akan ada musyawarah di Majelis Syuro,” kata Aher di Istana Negara, Jumat, 25 April 2014. Aher salah satu calon calon presiden yang dipilih dalam pemilu internal PKS tersebut.

Hingga saat ini, menurut dia, PKS masih berkukuh dengan proses Pemira yaitu menentukan sosok calon presiden untuk Pemilihan Umum mendatang. Mandat terhadap tiga peserta Pemira juga belum dicabut. Akan tetapi, secara umum, PKS sudah menyadari perolehan suara dalam pemilihan umum legislatif lalu tak cukup untuk mengusung capres sendiri. PKS harus menjalin komunikasi untuk membentuk sebuah koalisi agar dapat mengusung capres dan cawapres.

Dalam komunikasi tersebut, menurut Aher, persentase suara PKS tak memiliki daya tawar tinggi untuk mengajukan tokohnya sebagai capres ke rekan koalisi. Berdasarkan hitung cepat Cyrus-CSIS, PKS dengan suara sekitar 6,9 persen lebih mungkin mengajukan tokohnya sebagai cawapres.

Tiga peserta Pemira PKS adalah Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Presiden PKS Anis Matta, dan Ketua Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid. Perihal rekan koalisi, Aher mengklaim hanya sebagai prajurit partai yang tak mengetahui detil manuver politik petinggi. Ia juga enggan memberikan informasi perihal identitas partai yang sudah diajak PKS untuk koalisi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s